nusabali

Lestarikan Penyu Langka, Lepas 50 Tukik di Yeh Gangga

  • www.nusabali.com-lestarikan-penyu-langka-lepas-50-tukik-di-yeh-gangga

Krama Banjar Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan dibantu PNS di lingkungan Pemkab Tabanan serta Koramil 1619-01/Tabanan menggelar bersih-bersih di sepanjang pantai Yeh Gangga, Jumat (27/11). 

TABANAN, NusaBali
Aksi kebersihan juga diisi dengan pelepasan 50 ekor tukik ke lautan lepas. Jenis tukik yang dilepas yakni penyu Hijau dan penyu Lekang yang hampir punah. Diharapkan, Yeh Gangga ke depannya bisa menjadi objek wisata dengan keindahan alam, mangrove, dan penyu.

Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mengatakan, kebersihan pantai harus diperhatikan karena keindahannya acap dinodai sampah. Terlebih Pantai Yeh Gangga di saat musim hujan selalu jadi tumpukan sampah kiriman. Sementara untuk pelestarian penyu, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Lingkungan Hidup, serta Badan Konservasi Sumber Daya Alam diinstruksikan membantu para penangkar agar penangkaran penyu bisa berkelanjutan. 

Wirna juga berharap, pengelola hotel di sepanjang Pantai Yeh Gangga serta perusahaan lainnya ikut peduli melalui program CSR untuk membantu pelestarian penyu. Ia mengajak semua pihak membantu mewujudkan objek wisata berbasis penyu di Pantai Yeh Gangga. Apalagi Yeh Gangga punya keunikan yakni memiliki penyu Lekang dan penyu Hijau yang hampir punah. Kegiatan serangkaian HUT ke 522 Kota Tabanan ini juga diisi dengan apel bersama di Pantai Yeh Gangga.

Komentar