nusabali

Pawang Ular Tangkap Python 3 Meter

  • www.nusabali.com-pawang-ular-tangkap-python-3-meter

Pawang ular Ida Bagus Ketut Sangka dari Banjar Triwangsa, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem, untuk kelima kalinya berhasil menangkap ular python

AMLAPURA, NusaBali

Python tersebut ditangkapnya usai memangsa bebek di Sungai Krekuk, milik Ida Bagus Bima Arta dari Banjar Triwangsa.

Mulanya ada informasi dari warga Banjar Triwangsa, munculnya ular python di kandang bebek. Kabar itu diberitahukan kepada pemilik kandang bebek Ida Bagus Bima Arta, kemudian yang bersangkutan meminta bantuan pawang ular Ida Bagus Sangka. Penangkapan ular python dilakukan di kandang bebek Sungai Krekuk, Selasa (20/12) sekitar pukul 07.00 Wita.

Ida Bagus Ketut Sangka yang juga Kelian Banjar Dinas Triwangsa, tidak sendirian menangkap ular python tersebut. Karena ular dimaksud panjangnya sekitar 3 meter, dikhawatiri ular berontak, maka saat menangkap dibantu warga Ida Bagus Sadaka, Ida Bagus Gede Diantana, dan I Gede Darsana. Ada yang memegang bagian ekor, agar ular tidak menyerang dengan cara membelit.  

Setelah ular dikuasai, bagian mulutnya diplester, terus dimasukkan ke dalam ember besar. “Di Sungai Krekuk ini memang ada populasi ular python. Ular python muncul saat musim hujan,” jelas Ida Bagus Sangka.

Ular python diketahui muncul di kandang bebek, saat pemilik kandang, Ida Bagus Bima Arta, hendak memberi pakan. Saat itu, bebek berjumlah delapan ekor rebut. Setelah diperiksa, ternyata di kandang ada ular.

Warga Ida Bagus Gede Diantana yang sempat membantu mengangkat ular tersebut, mengakui di Sungai Krekuk banyak ular python yang acapkali memasang ayam, bebek atau dolong.

Terakhir Ida Bagus Sangka menangkap ular python, juga dengan panjang 3 meter, Selasa (26 Maret 2013), setelah ular memangsa ayam.

Sementara itu, Kelian Kerta Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, I Gede Krisna Adi Widana mengingatkan supaya warga berhati-hati ketika di Sungai Krekuk, karena banyak hidup ular python. * k16

Komentar