nusabali

Atap Wantilan Pura Besakih Keropos dan Bocor

  • www.nusabali.com-atap-wantilan-pura-besakih-keropos-dan-bocor

Atap Wantilan Mandapa Kesari Warmadewa di Pura Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, mulai keropos dan bocor.

AMLAPURA, NusaBali
Jika hujan lebat, air hujan tergenang di ruangan itu. Bagian-bagian dinding atap telah rusak, terutama di bagian kanan.

Kadis Pariwisata Karangasem I Wayan Purna mengakui, wantilan telah mulai rusak dan telah dilaporkan ke Pemprov Bali. “Perbaikan Wantilan Mandala Kesari Warmadewa, menjadi penanganan Pemprov Bali, kami sifatnya melaporkan,” kata Purna di Amlapura, Selasa (3/1).

Menurutnya, selain bersurat ke Pemprov Bali, saat pejabat Provinsi Bali berkunjung ke Pura Besakih, juga dilaporkan kondisi wantilan tersebut. Sebab, wantilan merupakan pusat kegiatan untuk pementasan seni saat karya agung, pertemuan umat sedharma, pasandekan, dan tempat berteduh manakala hujan.

Wantilan juga dilengkapi gedung film mini, ruang perpustakaan, ruang tamu, dan ruang kesehatan. Tetapi wantilan tersebut tanpa dilengkapi ruang ganti dan ruang berhias, ruangan yang bisa dipakai saat ada pementasan kesenian terutama seni tari.

Diakui wantilan tersebut belum pernah dapat perbaikan sejak zaman Gubernur Bali I Dewa Made Beratha (menjabat pada 1998–2008). * k16

Komentar