nusabali

Tuchel Puji Kekuatan Lukaku

Chelsea Permalukan Arsenal

  • www.nusabali.com-tuchel-puji-kekuatan-lukaku

Lukaku mengisi bagian yang hilang dalam Chelsea setelah tahun lalu kesulitan mengubah dominasi penguasaan bola menjadi gol. Kini tidak ada pemain yang mau menghadapinya.

LONDON, NusaBali

Romelu Lukaku mencetak gol pada penampilan keduanya, saat Chelsea menang 2-0 atas Arsenal, dalam Derby London Liga Primer Inggris, di Emirates Stadium, Minggu (22/8) malam WITA. Satu gol lagi Chelsea dicetak bek Reece James. Pelatih Thomas Tuchel menilai, Lukaku mengisi bagian timnya yang hilang musim lalu.

Ya, Lukaku perlu sampai menit ke-15 untuk membuktikan alasan The Blues rela menggelontorkan dana 97,5 juta pound (Rp 1,9 triliun) untuk merekrutnya dari Inter Milan. Pemain Belgia itu memberi The Blues nuansa kuat berotot dalam pola serangannya yang tidak dimiliki sejak Diego Costa hengkang pada 2017.

Namun refleks Bernd Leno yang menggagalkan Lukaku mencetak gol keduanya. Kiper asal Jerman itu menepis sundulan Lukaku dalam posisi bebas ke arah mistar pada ke-75 menit. Pada laga itu Arsenal kehilangan sejumlah pemain kunci karena cedera dan sakit, jarang mengancam The Blues.

Tuchel pun memuji Lukaku, karena mengisi bagian yang hilang dalam timnya setelah tahun lalu kesulitan mengubah dominasi penguasaan bola menjadi gol. Bahkan saat mereka berjuang keras mencapai sukses Liga Champions.

Tuchel memuji kekuatan dan kemampuan pemain Belgia itu dalam menggocek bola di bawah tekanan pemain lawan dan melibatkan rekan-rekan setimnya saat menyerang. Tuchel pun beranggapan, kini tidak ada pemain yang mau menghadapi Lukaku.

"Rekam jejak Lukaku di Inggris dan Italia ditambah tekadnya sukses bersama klub yang dia gemari sewaktu kecil telah membuat dia menjadi paket lengkap untuk Chelsea," kata Tuchel.

Sementara itu, pelatih Arsenal Mikel Arteta mengklaim timnya tampil jeblok pada dua laga awal karena badai cedera dan Covid-19. Sebelum kalah 0-2 dari Chelsea, The Gunners juga digebuk tim promosi Brentford 2-0.

Hasil-hasil buruk itu membawa Arsenal ke zona bawah klasemen sementara, yakni di posisi ke-19 dari 20 kontestan, hanya unggul selisih gol dari juru kunci Norwich City.

Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette dan Willian tak bisa bermain di pekan pertama karena positif virus Corona, begitu pula Ben White yang terpapar Covid-19 menjelang laga kontra Chelsea. Adapun Thomas Partey, Gabriel dam Eddie Nketiah absen akibat cedera.

"Kami kehilangan sembilan pemain dan itu sangat sulit. Ini bukan sekadar sembilan pemain biasa - mereka adalah beberapa pemain inti," kata Arteta.

Selanjutnya, Arsenal akan mencoba bangkit di Piala Liga di markas West Bromwich Albion di The Hawthorns, Kamis (26/8) dinihari WITA. Arteta berharap laga lawan tersebut jadi ajang para pemain Arsenal mengembalikan rasa percaya diri. Usai lawan West Brom, Arsenal ditunggu laga berat di markas juara bertahan, Manchester City, di Etihad Stadium, Sabtu (28/8) malam WITA. *ant

Komentar