nusabali

DTW Mulai Raup Rp 5 Juta

  • www.nusabali.com-dtw-mulai-raup-rp-5-juta

GIANYAR, NusaBali
Tingkat kunjungan wisatawan domestik pada masa uji coba pembukaan pariwisata dalam pandemi Covid-19, makin terasa.

Dinas Pariwisata Gianyar mencatat sudah ada pemasukan retribusi dari 6 Daya Tarik Wisata (DTW) yang dikelola Pemkab Gianyar.  Diantaranya DTW Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gunung Kawi Tampaksiring, Gunung Kawi Sebatu, Goa Gajah, Yeh Pulu dan Candi Tebing Tegallinggah. Rata-rata saat akhir pekan, retribusi yang masuk sekitar Rp 4 juta - Rp 5 juta. Sedangkan hari-hari biasa sekitar Rp 1 juta.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Gianyar Anak Agung Gde Putrawan. "Bisa dilihat di Tirta Empul, sudah mulai buka dengan protokol kesehatan ketat. Kapasitas 50 persen dan menggunakan aplikasi PeduliLindingi," jelasnya, Minggu (3/10).

Kata Agung Putrawan, tingkat kunjungan ada setiap hari. Hanya saja jumlahnya masih minim. Dari DTW yang dikelola Pemkab, yang paling mendominasi tetap DTW Tirta Empul, disusul Goa Gajah dan Gunung Kawi.

Terkait kesiapan semua DTW jelang pembukaan border pariwisata mancanegara, Putrawan mengatakan pelaku pariwisata di Gianyar telah bersiap, bahkan sejak lebih dari 2 tahun. Dari beberapa parameter atau yang diwajibkan nantinya, calon wisatawan pasti akan memperhatikan kesehatan. "Yang tadinya pariwisata itu aman nyaman tentunya sekarang plus aman nyaman dan sehat," ujarnya.

Dia mendorong para pelaku industri usaha termasuk DTW untuk terus berbenah dari sisi kesehatan. Pemerintah juga mewajibkan setiap DTWM mengakses aplikasi PeduliLindungi. Sekarang usaha-usaha baik hotel restoran dan DTW masih berproses mengakses,  agar memiliki QR code. "Sehingga wisatawan yang akan berkunjung bisa menginstal aplikasi pedulilindingi, scan barcode. Apabila hijau kuning diperkenankan melanjutkan berwisata, apabila merah bahkan hitam diarahkan ke faskes terdekat," ungkapnya. *nvi

Komentar