nusabali

Kwarcab Buleleng Gelar Peransaka

  • www.nusabali.com-kwarcab-buleleng-gelar-peransaka

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 11 Satuan Karya (Saka) yang bernaung di bawah Kwartir Cabang (Kwarcab) Buleleng, mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka).

Perkemahan gerakan pramuka ini digelar selama dua hari yakni Sabtu (11/12) hingga Minggu (12/12) di SMAN 1 Tejakula. Sejumlah kegiatan diagendakan dalam kemah tersebut, untuk menjalin komunikasi, koordinasi, komitmen dan kolaborasi antar saka.

Ketua Panitia Peransaka, Cokorda Adithya Wira Putra usai pembukaan acara Sabtu (11/12) sore mengatakan, saka sebagai badan kelengkapan Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng berkewajiban memiliki program yang mendidik untuk penyaluran dan pengembangan bakat. Hal tersebut diaplikasikan melalui peransaka.

Sebanyak 65 orang peserta dalam peransaka akan mengikuti berbagai kegiatan. Mulai dari diskusi panel, dinamika kelompok, anjang saka, api  unggun, pentas budaya, pembersihan pantai, penanaman pohon, pemberian materi penanggulangan bencana termasuk pembagian 25 paket sembako kepada warga setempat.

Cok Adithya menambahkan dalam pelaksanaan peransaka ini, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti rapid test antigen dengan hasil negatif, penggunaan aplikasi Pedulilindungi serta penggunaan tenda dome yang khusus untuk satu orang saja. “Kami sudah menyiapkan skema untuk mengantisipasi terjadinya klaster perkemahan, sehingga prokes kami terapkan sangat ketat,” ucap Cok Adithya.

Sementara itu, Peransaka Kwarcab Buleleng, dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Gede Suyasa. Seluruh saka yang bernaung di bawah Kwarcab Buleleng menurutnya harus menyusun program yang benar-benar dapat dieksekusi. Terutama program kegiatan yang masih memungkinkan dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kita berharap penularan Covid-19 bisa terkendali dan berlanjut ke tahun-tahun berikutnya sehingga program kegiatan di kepramukaan khususnya juga di saka-saka bisa berjalan sesuai harapan,” kata Suyasa yang juga Sekda Buleleng ini.*k23

Komentar