nusabali

Tingkat Hunian Hotel Kawasan The Nusa Dua Alami Peningkatan

  • www.nusabali.com-tingkat-hunian-hotel-kawasan-the-nusa-dua-alami-peningkatan

MANGUPURA, NusaBali
Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, mencatat adanya trend positif tingkat hunian di sejumlah akomodasi yang ada di dalam kawasan tersebut.

Catatan ini memberikan angin segar bagi pengelola terkait bangkitnya aktivitas pariwisata di Pulau Dewata. Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan menjelang akhir tahun 2021, occupancy rate atau tingkat hunian di kawasan pariwisata The Nusa Dua terus menunjukkan trend pertumbuhan positif. Menurutnya, tingkat hunian yang tercatat sejak 1-18 Desember saja tercatat mencapai 50,37 persen. Catatan ini meningkat dari rata-rata tingkat hunian bulanan pada tiga bulan sebelumnya, yaitu November sebesar 33,03 persen, Oktober sebesar 26,63 persen, dan September sebesar 10,94 persen.

“Capaian selama 18 hari pada Desember ini juga lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat hunian pada Desember 2020 yang hanya sebesar 23,56 persen,” kata Ardita, Senin (20/12).

Ardita mengatakan, peningkatan tingkat hunian ini dipengaruhi oleh bertambahnya kegiatan kepariwisataan di kawasan The Nusa Dua, mulai dari penyelenggaraan event olahraga, hingga event Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) bertaraf internasional. Masih menurut dia, penyelenggaraan event di The Nusa Dua yang kembali marak, baik event nasional maupun internasional sangat membantu memulihkan tingkat hunian yang sempat terdampak pembatasan kegiatan masyarakat. “Kami optimis sejumlah agenda yang akan berlangsung beberapa waktu ke depanya akan membantu upaya kami dalam menjaga tren positif kunjungan wisatawan ke The Nusa Dua,” ujar Ardita.

Menurutnya, selama periode September hingga pertengahan Desember 2021 ini, The Nusa Dua telah menjadi lokasi penyelenggaraan beberapa event bertaraf nasional maupun internasional diantaranya Indonesia Badminton Festival (IBF) pada pertengahan November sampai awal Desember, RapatPimpinan Nasional (Rapimnas) KADIN, Bali Democracy Forum dan Finance and Central Bank Deputies Meeting sebagai rangkaian G20 pada awal Desember, serta Grand Final Piala Presiden Esports yang berlangsung pada pretengahan Desember. Selain itu, The Nusa Dua juga telah terpilih sebagai lokasi rangkaian penyelenggaraan event KTT G20 mulai Desember 2021 hingga Oktober 2022 mendatang. “Sebanyak delapan hotel di kawasan The Nusa Dua telah ditunjuk sebagai lokasi menginap para delegasi selama penyelenggaraan event itu,” kata Ardita.

Untuk kedelapan hotel tersebut masing-masing The Laguna Luxury Collection Collection Resort & Spa, Grand Hyatt Bali, The St. Regis Bali Resort, Melia Bali, Merusaka Nusa Dua, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Selain rangkaian KTT G20, The Nusa Dua juga akan menjadi tuan rumah sejumlah event di antaranya Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada bulan Mei 2022 serta Bali and Beyond Travel Fair 2022 pada Juni 2022.

“Sebagai sebuah destinasi wisata berkonsep MICE and world class tourism complex, kawasan The Nusa Dua memiliki kelengkapan akomodasi lebih dari 5.000 kamar hotel sertafasilitas MICE yang mampu menampung lebih dari 20.000 delegasi,” jelas Ardita.

Saat ini juga tengah disiapkan penambahana komodasi berupa 2 hotel bintang 5 dan 1 luxury villas dengan total 892 kamar. Penambahan akomodasi tersebut diharapkan dapat ikut mendorong peningkatan tingkat hunian saat memasuki tahun 2022, karena berarti semakin banyak pilihan akomodasi dan venue untuk penyelenggaraan MICE event.

Ardita menambahkan, kawasa The Nusa Dua juga memiliki outdoor space yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan pendamping MICE, yaitu Pulau Peninsula seluas 7,4 hektar, serta fasilitas kesehatan berupa rumah sakit bertaraf internasional. “Fasilitas fisik ini semakin lengkap dengan adanya layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terintegrasi yang disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan event yang memerlukan jaringan yang mumpuni,” papar Ardita.

Dalam upaya persiapan menyambut event bertaraf internasional di masa adaptasi kebiasaan baru, kawasan The Nusa Dua telah menerapkan sejumlah tata kelola kawasan berbasis protokol kesehatan (prokes), mewajibkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) di seluruh kawasan dan hotel, menyelesaikan program vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pekerja di dalam kawasan serta mendorong pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya untuk memitigasi penyebaran wabah global Covid-19. *dar

Komentar