nusabali

Seimbangkan Karir dan Keluarga, Komunikasi yang Baik Jadi Kunci Sukses

Dua Srikandi Polres Klungkung Bicara Makna Hari Ibu di Tengah Kesibukan Meniti Karier

  • www.nusabali.com-seimbangkan-karir-dan-keluarga-komunikasi-yang-baik-jadi-kunci-sukses

Sebagai seorang ibu, Kompol Amy menyempatkan waktu untuk mendidik buah hatinya, selalu menerapkan kedisiplinan, tanggung jawab dan harus bisa membagi waktu.

SEMARAPURA, NusaBali

Peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2021 tetap dimaknai sebagai hari yang istimewa bagi kalangan wanita karier, termasuk para ‘Srikandi’ di Gumi Serombotan Klungkung. Dalam momentum Hari Ibu ini, mereka setuju perempuan meraih karier tinggi, namun posisi sebagai seorang ibu rumah tangga tetap harus diseimbangkan.

Adapun ‘Srikandi’ di Gumi Serombotan Klungkung tersebut di antaranya Waka Polres Klungkung Kompol Ketut Amy Ramayathi Prakasa, 51, dan Kapolsek Dawan Ida Ayu Made Kalpika Sari, 34. Ditemui NusaBali secara terpisah di Klungkung, Selasa (21/12) lalu atau sehari jelang peringatan Hari Ibu, kedua srikandi ini menyampaikan pandangan yang senada soal peran ibu.

Waka Polres Klungkung Kompol Ketut Amy Ramayathi Prakasa, mengatakan antara tugas dan keluarga sama pentingnya. Tentu untuk menjaga keseimbangan itu harus selalu mengatur waktu dengan baik, serta selalu berkomunikasi ketika melaksanakan tugas profesional. Hendaknya hal ini dijunjung tinggi sesuai dengan tanggungjawab dan kewenangan.

Ketika dengan keluarga selalu bisa berbagi tugas dengan suami serta anak-anak sehingga semuanya bisa berjalan lancar.

"Dukungan keluarga baik orangtua, suami dan anak-anak sangat besar karena saya selalu diberikan kesempatan mengikuti pendidikan untuk meningkatkan karir," ujar Kompol Amy. Sebagai seorang ibu, Kompol Amy juga menyempatkan waktu untuk mendidik buah hatinya. Konsepnya selalu menerapkan kedisiplinan, tanggung jawab dan harus bisa membagi waktu baik sekolah dengan tugas-tugas maupun di rumah. "Intinya selalu berkomunikasi/minta izin, pamit kalau ada kegiatan-kegiatan," kata Kompol Amy.

Dalam momentum Hari Ibu tahun ini, Kompol Amy memaknai dengan mengenang semangat perempuan-perempuan yang luar biasa dalam memperjuangkan nasib perempuan untuk mendapatkan kesetaraan dengan laki laki. "Hal itu untuk mengambil peran mengisi pembangunan apalagi dalam menghadapi masa sulit pada situasi pandemi Covid-19 saat ini," ujar Kompol Amy.

Kepada para perempuan, Kompol Amy berpesan jadilah perempuan yang kuat dan tangguh dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan pengorbanan, dan tak kenal lelah dari membesarkan anak-anak dan mendidik mereka menjadi orang yang baik dan berguna bagi sesama.

Sementara itu, Kapolsek Dawan, AKP Kalpika Sari, dalam berkarir tentu tidak terlepas dari support keluarga. Sehingga antara kepentingan tugas dan keluarga mesti jalan seimbang.

Selain pengertian sebuah komunikasi yang intens di keluarga menjadi sangat penting, begitu pula untuk urusan kedinasan komunikasi merupakan hal yang penting. "Sampai saat ini keluarga besar, suami dan anak-anak sudah mengerti tugas Polri yang dinamis, sehingga komunikasi yang baik sangat diperlukan baik di keluarga maupun kedinasan," ujar Akpol (Akademi Kepolisian) 2010 ini.

Kasat Lantas Polres Tabanan 2018 ini mengatakan, sejak memutuskan berkarier di di kepolisian dirinya sudah mendapat dukungan dari keluarga. Bahkan, AKP Kalpika Sari mendapat support dari orangtuanya. "Dari pertama saya mendaftar di kepolisian, ibu saya sudah paham bahwa nantinya saya pasti akan banyak tantangan walau saya anak perempuan satu-satunya. Beliaulah yang selalu support di manapun kapanpun. Termasuk suami yang selalu back up dalam mendidik anak-anak dan mendukung karier saya di kepolisian," ungkap AKP Kalpika Sari.

Sementara itu, dalam mendidik anak, kata Wakapolsek Denpasar Selatan 2020 ini, banyak dibantu oleh buku-buku dan YouTube yang tentu saja dengan pengawasan orangtua. Di samping itu, AKP Kalpika Sari juga bersyukur untuk Kabupaten Klungkung merupakan kota yang ramah anak serta banyak ruang publik yang ramah lingkungan dan aman. "Semua mudah dijangkau dan suami sangat support terhadap anak-anak dan karier saya," kata alumnus SMAN 1 Semarapura ini.

Bagi, AKP Kalpika Sari momentum Hari Ibu, merupakan hari spesial di mana selalu mengingatkan akan sebuah kehangatan, kenyamanan dan keselamatan. "Untuk para ibu hebat yang membaca tulisan ini, anda semua sungguh luar biasa. Tetap semangat untuk membuat seisi rumah bahagia. Karena tanpa ibu, rumah semewah apapun tak akan ada artinya tanpa kehadiranmu," pesan AKP Kalpika Sari. *wan

Komentar