nusabali

Jalan di Desa Duda Timur Tertutup Material Longsor

  • www.nusabali.com-jalan-di-desa-duda-timur-tertutup-material-longsor

AMLAPURA, NusaBali
Petugas BPBD Karangasem mengevakuasi material longsor yang menutup badan jalan di di Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, Senin (3/1).

Tebing setinggi 15 meter longsor pada Kamis (30/12) sekitar pukul 16.00 Wita. Akibat jalan tertutup material longsor, kendaraan roda empat tidak bisa melintas di jalan Desa Duda Timur menuju Desa Antiga Kecamatan Manggis. Beruntung ada jalan alternatif sehingga aktivitas warga tidak terganggu.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa bersama anggota mengevakuasi material longsor menggunakan ekskavator Dinas PUPR dan Kawasan Permukiman Karangasem. Pembersihan material longsor melibatkan perangkat Desa Duda Timur dan warga setempat. Usai evakuasi material longsor, dilanjutkan pembersihan jalan agar tidak licin. “Awalnya kami berencana melakukan penanganan pada Sabtu (1/1) namun hujan lebat. Pekerjaan kami tunda mempertimbangkan keselamatan operator alat berat dan petugas lainnya,” jelas IB Arimbawa.

IB Arimbawa mengungkapkan, jalur Banjar Batu Gede termasuk salah satu dari 52 desa rawan longsor di Karangasem. “Selama tahun 2021, empat kali terjadi longsor di jalur Banjar Batu Gede. Setiap tahun jadi langganan longsor,” ungkap IB Arimbawa. Tanahnya labil, jalan di bagian timur berupa tebing setinggi 30 meter dan bagian barat curam. Jalan ini tanpa drainase sehingga air mengalir ke badan jalan. *k16

Komentar