nusabali

MU Pinjamkan Van de Beek ke Everton

Liverpool Gaet Luis Diaz, Adama Traore Balik ke Barca

  • www.nusabali.com-mu-pinjamkan-van-de-beek-ke-everton

LONDON, NusaBali
Gelandang asal Belanda Donny van de Beek setuju bergabung Everton dari Manchester United (MU), dengan status pinjaman hingga akhir musim. Demikian laporan Sky Sports pada Minggu (30/1).

The Toffees menyetujui biaya pinjaman lebih dari 500 ribu poundsterling (sekitar Rp 9,64 miliar) dan menanggung gajinya yang mencapai 100 ribu poundsterling (sekitar Rp 1,92 miliar) per pekan. Everton mengalahkan sesama klub Liga Premier Inggris, Crystal Palace merekrut gelandang 24 tahun tersebut.

Van De Beek bergabung MU pada 2020 dalam kesepakatan senilai 40 juta poundsterling. Namun dia kesulitan mendapatkan waktu bermain di Old Trafford. Pria 24 tahun itu bermain empat kali sebagai starter di semua kompetisi musim ini. Dia juga hanya bermain delapan menit di Liga Premier Inggris sejak awal Desember.

Selain Everton dan Crystal Palace, klub kaya baru Newcastle United juga tertarik untuk mendatangkannya di bursa transfer ini.  Everton memprioritaskan mendatangkan gelandang baru, dengan Abdoulaye Doucoure dan Fabian Delph saat ini absen.

Sementara itu, Liverpool resmi menggaet pemain depan Luis Diaz dari Porto. Pihak klub tak mengungkapkan besaran nilai transfer Diaz dari Porto maupun rincian durasi kontrak penyerang asal Kolombia tersebut.

Namun, media-media Eropa melaporkan, Liverpool membayar 45 juta euro (sekitar Rp 721,3 miliar) disertai klausul tambahan hingga 15 juta euro (sekitar Rp240,4 miliar) untuk mendapatkan Diaz yang juga disebut menandatangani kontrak berdurasi lima tahun di Anfield.

Finalisasi transfer ini membuat Liverpool berhasil menikung Tottenham Hotspur yang kabarnya sudah lebih dulu mengincar Diaz. Namun pemain 25 tahun itu lebih tertarik hijrah ke Anfield.

Diaz merampungkan prasyarat kepindahannya ke Liverpool dengan menjalani tes kesehatan di Cordoba, Kolombia. Diaz akan mengenakan nomor punggung 23 yang kosong setelah kepindahan Xherdan Shaqiri ke Olympique Lyon pada musim panas lalu.

Juergen Klopp mengaku dirinya beserta jajarannya sudah cukup lama memantau perkembangan Diaz dan yakin bahwa si pemain bisa segera beradaptasi dengan iklim Liga Premier Inggris.

Sementara itu, penyerang baru Barcelona Adama Traore menyebutkan kepindahannya dari Wolves ke Blaugrana menjadi momen yang spesial setelah waktu yang lama dari terakhir kali dirinya bermain di Camp Nou.

Dikutip dari football-espana, Minggu, Traore mengatakan dirinya tumbuh dewasa di Kota Barcelona bersama keluarganya dan para suporternya yang membuat dirinya senang kembali ke Catalan.

"Untuk saya, ini adalah momen spesial karena setelah bertahun-tahun sejak saya bermain di sini. Saya tumbuh di kota ini, saya tumbuh di sini bersama keluarga dan fans saya," ungkap Traore.

Pada Sabtu waktu setempat, Barcelona resmi memulangkan penyerang sayap Adama Traore dengan status pinjaman dari Wolverhampton Wanderers hingga akhir musim disertai opsi permanen. *ant

Komentar