nusabali

Sekaa Barong Kembali Dapat Turis

Sempat Sepi

  • www.nusabali.com-sekaa-barong-kembali-dapat-turis

DENPASAR,NusaBali
Sekaa pertunjukkan  tari barong untuk pariwisata mulai mendapat turis atau tamu setelah lama ‘istirahat’ karena pandemi Covid-19. Seperti  sekaa barong ‘Putra Barong’ di Jalan Raya Celuk, Sukawati, Gianyar.

Hal tersebut menyusul kembali adanya kunjungan wisatawan, walau baru wisatawan domestik. Termasuk jelang Imlek 2022.

“Ya, sekaa kami sudah pentas lebih dari sepuluh kali,” ujar I Made Wija, Ketua Sekaa Putra Barong, Minggu (30/1).

Minggu kemarin kata Wija,  sekaa Putra Barong pentas dua kali. Pertama  pada jam reguler yakni  pada 09.30 wita, ada 6 rombongan bis plus 6 orang. Kemudian  pukul 11.00 wita menyusul rombongan  7 bis.

“ Semua wisatawan domestik,”  ujar Wija.

Pada tanggal 3  dan 5 Februari, Wija menuturkan sudah kembali mendapatkan order untuk pentas.  “Kami bersyukur sudah mulai ada tamu,”  ucap dia.

Kata Wija akibat pandemi Covid-19, sekaa barongnya yang berjumlah 54 personel, penari dan penabuh lama tidak mentas.

Barulah beberapa waktu belakangan jelang Nataru lalu  dan jelang Imlek 2022, mulai dar grup-grup tamu domestik meminta orderan pentas barong.

Walau sudah ada tamu, namun belum  semua sekaa barong dari 10 sekaa barong sudah pentas. Menurut Wija, baru 4 sekaa yang barong yang pentas. Sekaa barong ‘Putra Barong’ salah satu yang sekaa yang dia kelola sudah mulai pentas.  Sedang 6 sekaa lainnya masih belum buka.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Tontonan Wisata (Asprananta) Bali Ida Bagus Raka Pujana, mengiyakan memang sudah ada sekaa -sekaa barong yang pentas. “Namun belum semuanya,” jelasnya. Terutama sekaa barong yang ‘pasarnya’ adalah wisman yang belum pentas alias masih belum buka. “Karena belum ada wisman,” kata seniman drama gong kawakan yang akrab dengan nama panggung Komang Apel.

Pentas  sekaa yang sudah buka, menurut IB Raka Pujana belum normal seperti sebelum pandemi. Hal itu karena kedatangan wisdom, juga belum normal. “Jadi  tidak setiap hari pentas seperti dulu,” ujarnya.*k17

Komentar