nusabali

Chelsea Tantang Palmeiras

Piala Dunia Antarklub Jadi Final Kelima Tuchel

  • www.nusabali.com-chelsea-tantang-palmeiras

Pada Piala Dunia Antarklub, Tuchel tak mendampingi Lukaku dkk, karena isolasi mandiri setelah dites positif Covid-19. Namun Tuchel tetap menjalin komunikasi intensif dengan para pemain.

ABU DHABI. NusaBali
Gol tunggal Romelu Lukaku pada menit ke-32 membawa Chelsea mengalahkan klub Arab Saudi, Al Hilal 1-0, di Stadion Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi, Kamis (10/2) dinihari Wita. Kemenangan  Itu untuk memastikan satu tempat di final bagi klub Liga Primer Inggris itu.

Selanjutnya, juara Liga Champions Eropa, Chelsea akan menghadapi klub Brasil, Palmeiras, Sabtu (12/2) malam, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, (UEA). Palmeiras sendiri ke final, usai menang 2-0 atas klub Mesir, Al Ahly.

Tanpa pelatih Thomas Tuchel di pinggir lapangan karena positif Covid-19, The Blues memegang kendali permainan di babak pertama. Setelah upayanya digagalkan kiper Al Hilal, Lukaku tidak melakukan kesalahan saat umpan Kai Havertz jatuh ke kakinya untuk diselesaikan dari jarak lima meter.

Namun, juara Asia Al Hilal meningkat pesat di babak kedua. Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga harus melakukan penyelamatan gemilang untuk menahan serbuan Al Hilal. Dia menahan tembakan Mooussa Marega dan dengan satu tangannya menggagalkan Mohamed Kanno.

Selanjutnya, Al Hilal dan Al Ahly akan bertanding berebut tempat ketiga. Sedangkan pada laga perebutan peringkat kelima, Rabu, klub Meksiko Monterrey mengalahkan tim tuan rumah Al Jazira 3-1.

Sementara itu, sukses Chelsea ke final Piala Dunia Antarklub menjadi laga final kelima Thomas Tuchel dalam dalam rentang waktu 379 hari. Tuchel dikontrak Chelsea pada 26 Januari 2021. Lalu dia membawa Chelsea ke final Liga Champions, final Piala FA, Final Piala Super Eropa, Final Piala Liga Inggris, dan Final Piala Dunia Antarklub.

Hasilnya dua final dimenangi yakni Liga Champions dan Piala Super Eropa. Di Piala FA, Chelsea dikandaskan Leicester. Final Piala Dunia Antarklub selanjutnya akan jadi koleksi baru bagi Tuchel dan begitu juga Chelsea. Lalu final Piala Liga Inggris alias Carabao Cup digelar pada 27 Februari.

Hebatnya pada Piala Dunia Antarklub, Tuchel tak mendampingi Lukaku dkk, karena menjalani isolasi mandiri setelah dites positif Covid-19. Meski demikian, Tuchel tetap menjalin komunikasi intensif dengan para pemain.

"Kami berbicara dengan Thomas saat turun minum. Perbincangan berlangsung baik dan dia memiliki penilaian yang sama, bahwa kami sedikit gugup dan terlalu mudah kehilangan bola," kata asisten pelatih Zsolt Low, di situs resmi Chelsea.

"Kami membicarakan itu pada saat istirahat dan berusaha menyiapkan para pemain agar lebih tenang serta tampil dengan ritme lebih baik, tanpa terlalu berjibaku mencari solusi. Pembicaraan lancar dengan Thomas cukup membantu tim," ujar Low. *ant

Komentar