nusabali

Southgate Klaim Inggris Mampu Juara Dunia

  • www.nusabali.com-southgate-klaim-inggris-mampu-juara-dunia

LONDON, NusaBali
Manajer tim nasional Inggris Gareth Southgate menilai skuatnya mampu menjuarai Piala Dunia Qatar 2022.

Namun sebelum itu, kata Southgate, Inggris harus tampil sempurna lebih dulu. Sebelumnya,  Inggris adalah semifinalis Piala Dunia 2018 di Rusia dan tembus final Euro 2020 tahun lalu saat kalah dari Italia.

"Kami sudah bilang tim pekan ini bahwa 'Jika kami dapat mencapai semifinal, maka kami mampu ke final, dan kami sudah melakukannya. Jika kami bisa mencapai final, kami bisa menang'," kata Southgate, kepada media Inggris, Jumat (1/4).

Southgate mengakui, untuk melakukannya sangat sulit dan harus sedekat mungkin ke kesempurnaan. Namun Southgate menyadari, itulah tantangannya, bukan hanya saat tiba di Qatar. Jadi harus dalam kondisi yang tepat, bahkan sebelum itu.

Inggris hanya satu kali juara Piala Dunia setelah mengalahkan Jerman (Barat) dalam final Piala Dunia 1966 di Wembley. Kini Inggris sendiri di pot satu bersama enam negara berperingkat tertinggi lainnya pada undian Piala Dunia 2022, plus tuan rumah Qatar.

Namun, ada sinyal bahaya yang mengintai dari pot 2, termasuk Belanda, Jerman, dan Kroasia. Inggris tidak mungkin segrup dengan Skotlandia atau Wales, dengan kedua negara itu dikelompokkan dengan Ukraina sebagai satu tempat di pot empat.

Ditanya bagaimana perasaan tim lain tentang menghadapi Inggris, Southgate menjawab dengan blak-blakan. Menurutnya, Inggris pasti mendapat rasa hormat dan timnya tidak akan dinanti tim lain.

“Tapi fakta itu menjadi pedang bermata dua karena beberapa tim akan mempersiapkan diri dengan berbeda untuk menghadapi Inggris," ujar Southgate.

Lebih jauh terkait kritikan keras pada bek Inggris Harry Maguire, Southgate menegaskan tidak menjamin bek Manchester United itu ikut dibawa ke putaran final Piala Dunia 2022. Pasalnya, performa Maguire kini sedang jeblok jadi salah satu alasannya. Southgate juga melihat ada persaingan sengit untuk posisi bek tengah. Maguire sedang dihujani kritik atas performa yang ditampilkan bersama MU musim ini.

Bahkan fans Inggris memberi siulan dan 'boo' pada Maguire pada laga lawan Swiss lalu. Aksi itu mendapat banyak kecaman dari rekan Maguire di Timnas Inggris. Jack Grealish dan Jordan Henderson tidak senang dengan reaksi fans pada Maguire. Begitu juga dengan sang pelatih, Gareth Southgate. *

Komentar