nusabali

BUMDes Kemenuh Gelontor Ratusan Liter Migor Curah Murah

  • www.nusabali.com-bumdes-kemenuh-gelontor-ratusan-liter-migor-curah-murah

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah ibu rumah tangga sumringah karena bisa membeli minyak goreng (migor) curah murah dari BUMDes Dirgayusa milik Desa Kemenuh, di Pasar Desa Kemenuh, Banjar Tengkulak Kaja, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Selasa (5/4) pagi.

Migor dijual Rp 14.000/lt. Sedangkan harga migor curah di tingkat pengecer atau warung-warung melambung hingga Rp 18.000/lt. Ketua BUMDes Dirgayusa Kemenuh I Wayan Sukadana mengatakan migor curah yang disediakan 250 liter, cukup untuk seluruh KK di Banjar Tengkulak Kaja. "Harga yang diberikan Rp 14.000/liter dan setiap KK bisa mengambil maksimal dua liter," jelasnya.

Kata Sukadana, operasi pasar ini mendesak untuk digelar karena banyak ibu rumah tangga yang mengeluh. Mereka mengeluh karena sulit mendapatkan migor curah dan kalaupun ada harganya melambung tinggi. Di tingkat pengecer, harga migor curah sampai Rp 18.000/liter.

Sedangkan harga migor kemasan botol bisa mencapai Rp 26.000/lt. Harga migor curah cenderung stabil. Hanya saja pendistribusiannya masih tersendat sehingga harga jadi melonjak.

Sukadana menduga para agen minyak nakal di tengah keterbatasan migor. Jika tak ‘nakal’ dia yakin harga migor akan segera stabil. Terlebih lagi setiap agen sudah menandatangani pakta integritas yang intinya, mereka  berperan sebagai penyalur untuk pemerataan komoditi di masyarakat. "Kami ingin menggugah para agen-agen minyak goreng ini, seyogyanya tidak ambil bagian untuk mendulang keuntungan di tengah situasi ini," harapnya.

250 liter migor curah yang disediakan dalam sekejap langsung ludes. Selain migor, BUMDes ini juga menjual gas LPG 3 kg seharga Rp 15.000. Sudana mengharapkan operasi pasar ini bisa menstabilkan harga migor di tingkat desa. "BUMDes tidak banyak mencari untung. Langkah ini untuk menekan pengepul nakal yang menaikkan harga," jelasnya.  

Perbekel Kemenuh Dewa Nyoman Neka hadir saat operasi pasar itu. Dia menjelaskan kegiatan ini sudah berdasarkan pertimbangan. "Tujuan utamanya untuk menjawab kegundahan masyarakat terhadap melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok yang terkesan janggal. Melalui BUMDes, kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menggelar kegiatan ini," ujarnya.

Dewa Neka juga mengusahakan agar seluruh warga desa mendapatkan minyak dengan harga wajar. Kegiatan ini akan digilir ke banjar-banjar di Desa Kemenuh dengan 2.200 KK. "Kami usahakan semua KK mendapatkan migor curah murah," jelasnya. *nvi

Komentar