nusabali

Dinas Pertanian Pantau Produksi Pangan Jelang Idul Fitri

  • www.nusabali.com-dinas-pertanian-pantau-produksi-pangan-jelang-idul-fitri

MANGUPURA, NusaBali
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung turun ke lapangan memantau serta memberikan pendampingan intensif kepada petani.

Pendampingan dilakukan untuk menjamin ketersediaan pasokan di pasar jelang lebaran. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, mengatakan apabila tidak ada kendala cuaca dan serangan penyakit, maka berdasarkan hasil perhitungan dan pemantauan di lapangan, beberapa jenis komoditas masih cukup aman untuk menyongsong Hari Raya Idul Fitri. Misalnya, beras dan cabai ketersediannya masih cukup aman. Begitu pun daging sapi dan daging ayam juga produksinya masih cukup aman untuk menyongsong hari raya.

“Bahkan, khusus untuk komoditas seperti beras saat ini sedang musim panen raya,” ujar Wijana, Minggu (16/4). Meskipun kondisi cuaca tidak menentu, diperparah serangan hama wereng coklat, namun berdasarkan pantauan di lapangan, kata Wijana, produksi gabah cukup baik dengan rata-rata 6,2 ton hektar. “Sampai April ini luas panen padi tercatat 1.833 hektar dengan produksi 9.117,09 ton atau setara beras 5.154,51 ton sedangkan kebutuhan beras 4.022,54 ton atau surplus 1.131,98 ton,” kata mantan Kabag Organisasi Setda Badung ini.

Sedangkan untuk cabai rawit yang sering bergejolak, saat ini terdapat sekitar 42,02 hektar tanaman cabai yang siap panen dan mampu berproduksi sekitar 230,02 ton. Sedangkan kebutuhan cabai setiap bulan 120,90 ton atau surplus 109,12 ton. Begitu pula untuk produksi daging sapi tercatat 100,65 ton, kebutuhan 68,23 ton/bulan ,sehingga masih surplus 32.42 ton.

“Namun khusus untuk telur ayam memang harus diakui masih minus sekitar 184,83 ton. Tetapi biasanya tidak sampai kekurangan persediaan, karena lancarnya alur distribusi pasokan telur dari daerah lain,” tandas Wijana. *ind

Komentar