nusabali

Tingkat Kunjungan Wisatawan di Denpasar Capai 85 Persen

90 Persennya Merupakan Wisatawan Domestik

  • www.nusabali.com-tingkat-kunjungan-wisatawan-di-denpasar-capai-85-persen

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kota Denpasar mencatat peningkatan signifikan kunjungan wisatawan ke Denpasar saat masa libur lebaran ini.

Bahkan, kunjungan wisatawan mencapai 85 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Disparda Kota Denpasar MA Dezire Mulyani saat dihubungi, Kamis (5/5). Menurutnya, libur lebaran saat ini sangat berimbas positif bagi kawasan wisata di Kota Denpasar. Mereka yang mengunjungi Denpasar rata-rata peningkatannya mencapai 85 persen.

Dimana dari jumlah total tersebut, 90 persennya masih wisatawan domestik. Sisanya 10 persen wisatawan mancanegara. "Sangat banyak, kita tidak prediksi sebanyak ini akan ada peningkatan kunjungan di Kota Denpasar. Libur Lebaran ini mencapai 85 persen," jelasnya.

Dezire mengatakan, bukan hanya kunjungan, tetapi okupansi hotel juga meningkat. Bahkan kata dia, beberapa hotel okupansinya capai 100 persen. Peningkatan itu sudah mulai naik sejak H-2 Lebaran yakni, Jumat (29/4). Hingga Kamis kemarin, wisatawan masih terus berdatangan.

Mantan Kabid ULP Barang dan Jasa Kota Denpasar ini menambahkan, kunjungan wisatawan diprediksi sampai akhir pekan ini. Sebab, Senin (9/5) depan, libur lebaran sudah berakhir. "Mereka juga sudah mulai balik karena sudah mulai jam kerja. Kami prediksi wisatawan bertahan sampai Sabtu ini," imbuhnya.

Peningkatan kunjungan ini, menurut dia, merupakan awal yang positif. Dia berharap, sepulang mereka berwisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara bisa memberikan testimoni kepada rekan-rekan mereka bahwa Kota Denpasar aman untuk dikunjungi kendati masih di PPKM level 2 penanganan Covid-19.

Sementara, untuk pengecekan wisatawan yang menetap dan tidak menetap akan dilakukan pada akhir minggu ini. "Kami harap sepulang mereka ke daerah atau negaranya, mereka bisa mengabarkan ke rekan-rekan mereka bahwa Kota Denpasar dan Bali pada umumnya masih aman untuk dikunjungi," tandasnya.*mis

Komentar