nusabali

Kini 'Banjir' Turis, Sekaa Barong 'Hidup' Kembali

Sempat Vakum 2 Tahun

  • www.nusabali.com-kini-banjir-turis-sekaa-barong-hidup-kembali

DENPASAR,NusaBali
Wisatawan yang datang membeludak saat libur Lebaran pada awal Mei berdampak positif terhadap sekaa pertunjukan barong.

Sekaa-sekaa barong yang  hampir 2 tahun vakum karena  pandemic, kini kembali aktif menggelar pementasan untuk wisatawan. Salah satunya sekaa barong Eka Budhi di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar.

Sejak 1 Mei sekaa barong Eka Budhi sudah pentas setiap hari, menghibur wisatawan. Tentu saja  hal itu membuat anggota sekaa gembira.

“Nggih astungkara sudah bisa kembali aktif menari,” ujar I Wayan Sarma, salah seorang anggota sekaa usai pentas di  Stage Barong Eka di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar, Kamis (5/5).

Dikatakan Sarma, sebelumnya hampir 2 tahun sekaa barong tidak pentas, akibat pandemi Covid-19. “ Sekarang ini sudah setiap  hari sekarang pentas,” ujarnya.

Hal itu diiyakan I Made Sandi, anggota sekaa lainnya. Pementasan berlangsung  selama 1 jam, 15 menit. “Dulu tak pernah mentas, karena pandemi. Sekarang sudah tiap hari rutin. Semoga terus berlanjut ,” harap  Sandi.

Kalangan sopir freelance juga mengaku bersyukur dengan kembali menggeliatnya pariwisata Bali, sehingga sekaa barong  bisa pentas lagi.

 “Ini saya mengantar tamu dari India,” ujar I Wayan Bawa, seorang pengemudi freelance.

Dia berharap pariwisata Bali semakin membaik, sehingga dia bisa kembali aktif bekerja sebagai sopir freelance sebagaimana sebelum pandemi.

 “Dulu saya sempat  kerja serabutan. Mulai ngelas, membuat perabotan meja lipat dan yang lain,” ungkap Bawa. “Syukur sekarang sudah mulai ada tamu (wisatawan),” ujar pria asal Sanur, Denpasar.

Dari pantauan wisatawan nampak antusias menonton pertunjukan Tari Barong dengan Lakon Kunti Sraya. Di akhir pertunjukkan, sejumlah wisatawan, domestik dan manca negara berfoto ria dengan  barong dan para penarinya. Beberapa wisatawan lainnya,  betah menikmati pemandangan sekitar stage.

Selain  Sekaa Barong  Eka Budhi, sekaa barong lain yang sudah pentas adalah  Sekaa barong Putra Barong  di Jalan Raya Celuk, Sukawati Gianyar.

“Kami sudah pentas mulai tanggal 3 Mei,” ujar I Made Wija, Ketua Sekaa Putra Barong, yang dihubungi terpisah. Kamis, 5 Mei kemarin,  Putra Barong juga pentas. “Pokoknya setiap hari sekarang kami sudah siap pentas,”  kata Wija.

Dikatakan  Wija, dari 10 sekaa pertunjukan barong, 5 sekaa sudah mulai pentas untuk wisatawan. Putra Barong, yang dia pimpin diantara sekaa yang sudah pentas sejak awal Mei lalu. “Nggih kita tentu lega, mudah-mudahan pariwisata terus membaik, sehingga order pentas tetap masuk,” harap pria asal Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar ini. *k17

Komentar