nusabali

Pantai Munggu Dilengkapi Paralayang Motor

Tambah Daya Tarik Pengunjung

  • www.nusabali.com-pantai-munggu-dilengkapi-paralayang-motor

MANGUPURA,NusaBali
Pengelola wisata Pantai Munggu,  Desa Munggu, Kecamatan Mengwi menambah fasilitas untuk menambah daya tarik DTW Pantai Munggu, di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung.

Fasilitas baru tersebut ada wahana paralayang motor dan  children play ground atau permainan anak-anak yang portable. Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Munggu Putu Suada, mengatakan penambahan fasilitas itu untuk semakin meningkatkan daya tarik Pantai Munggu, sebagai kawasan wisata.

“Agar wisatawan semakin betah, karena ada atraksi tambahan,” kata Putu Suada, Minggu (8/5). Penambahan dua fasilitas tersebut kata Putu Suada, mengacu kondisi Pantai Munggu. Pertama sebagai kawasan wisata alam terbuka dan kedua sebagai kawasan wisata yang menjadi destinasi wisata keluarga.

“Ada atraksi petualangannya juga (paralayang) dan permainan untuk anak-anak,”  lanjut Putu Suada. Penambahan fasilitas diadakan sebelum libur Lebaran pekan lalu. Paralayang motor dua pekan sebelumnya. Sedangkan wahana permainan anak-anak awal pekan lalu.

“Ini sekaligus menyambut menggeliatnya pariwisata pasca pandemi Covid-19,” kata Putu Suada. Sedang fasilitas yang sudah ada sebelumnya adalah  kano bebek di muara Tukad Tembin, yakni muara dari aliran sungai yang dibentuk dari  rembesan irigasi dari Subak Tembin di Munggu.

Sebagaimana  tempat wisata lainnya di Bali, kawasan wisata Pantai Munggu juga diluberi pengunjung  pada libur Lebaran pekan lalu. Puncak keramaian mulai jam 07.00 wita sampai pukul 10.00 wita pada pagi hari. Sedang pada sore hari mulai pukul 16.00 – pukul 18.00 wita. Karena luberan pengunjung untuk menghindari krodit, pengelola menerapkan sistem buka tutup.

“Kalau area parkir sudah penuh, kami tutup,” ungkap Putu Suada. Tujuannya agar pengunjung  tetap merasa nyaman.

Dalam kondisi normal, pengelola melibatkan 5 orang personel.  Dari jumlah tersebut 2 orang petugas parkir dan 2 petugas kebersihan. Ditambah seorang koordinator  lapangan (korlap). Sedang pada liburan, petugas  ditambah 4 orang.Tambahan tersebut, 2 orang petugas parkir dan 2 orang petugas kebersihan.

Kunjungan wisatawan ke Pantai Munggu sempat mencapai 11.649 pada Januari awal tahun 2022. Kemudian menurun 7.072 pada bulan Februari. Selanjutnya meningkat  menjadi 9.067 pada bulan Maret. Meningkat lagi pada bulan April lalu, dimana pengunjung mencapai 9.857 . Sedang pada Mei ini sampai dengan tanggal 4, baru tercatat 2.745  wisatawan. *K17

Komentar