nusabali

DTW Pedesaan Mulai Didatangi Turis

  • www.nusabali.com-dtw-pedesaan-mulai-didatangi-turis

DENPASAR,NusaBali
Daya Tarik Wisata(DTW) pedesaan kembali mendapat limpahan turis atau wisatawan. Salah satunya di  Desa Baru Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

"Ya sejak  liburan lalu sudah mulai ada kunjungan turis (wisman)," ujar I Wayan Sudiantara, salah seorang pelaku pariwisata setempat, Senin(30/5). Dia memaparkan kunjungan wisatawan ke 'Rumah Desa', usaha wisata yang dikelolanya. "Ada peningkatan," ujar Sudiantara.

Pada hari libur, seperti akhir pekan atau liburan Lebaran beberapa waktu lalu pengunjung yang datang  50 orang sampai 100 pengunjung. Sedangkan pada hari-hari  biasa, antara 20 - 50 pengunjung. Dominan wisatawan domestik. Namun  sudah mulai ada juga  wisatawan manca negara(wisman). Wisman tersebut, kebanyakan berasal dari Eropa.

Diyakini pelonggaran syarat penerbangan ke Bali yang tidak lagi menjadikan PCR test serta VOA menjadi syarat masuk ke Pulau Dewata mendorong peningkatan kunjungan wisman ke Bali, sehingga berimbas positif  pula pada DTW di pedesaan.

"Kalau sebelumnya kan wismannya sepi, " kata Sudiantara. Petualangan menyusuri persawahan, kawasan hutan salah satu diantaranya yang digemari wisman. "Mereka juga suka menikmati kuliner lokal, " kata Sudiantara menyebut kuliner lokal diantaranya jaje (kue) laklak, pisang goreng hingga pisang rai. "Dulu saat pandemi memang sepi, sekarang sudah ada tamu," kata Sudiantara. *k17

Komentar