nusabali

35 Ekor Sapi Disuntik Vitamin

  • www.nusabali.com-35-ekor-sapi-disuntik-vitamin

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 35 sapi milik kelompok di Desa Kesiut, Kecamatan Kerambitan sudah diberikan suntik vitamin Senin (4/7).

Suntik vitamin untuk mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini langsung diawasi Wakapolres Tabanan Kompol Doddy Monza. Pemberian layanan suntik vitamin akan dilakukan secara bertahap oleh Dinas Pertanian Tabanan. Sasarannya memang didahulukan untuk kelompok.

Kabid Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, I Gde Parta Ariana mengatakan hari pertama ada 35 sapi yang sudah diberikan suntik vitamin. “Hari pertama 35 ekor, nanti menyusul ke kelompok lain,” jelasnya.

Menurutnya dalam pencegahan kasus PMK ini seluruh pihak siaga. Baik dari TNI dan Polri ikut mengawasi apabila terjadi hewan ternak mati mendadak untuk segera lapor. “Kami berkolaborasi dengan institusi lain untuk lakukan kerjasama pengawasan PMK ini,” terang Parta Ariana.

Sementara itu Wakapolres Tabanan Kompol Kompol Doddy Monza menyatakan pengawasan yang dilakukan untuk ikut bersama-sama mencegah penyebaran virus PMK di Tabanan. Sekaligus dalam pengawasan ini dilakukan sosialiasi kepada peternak untuk meningkatkan kebersihan kendang. “Kita ke lapangan sosialiasi dan dari Dinas Pertanian bidang peternakan memberikan vitamin,” tandasnya.

Sementara itu data dari Dinas Pertanian Tabanan populasi ternak yang rentan tertular PMK adalah, kambing sebanyak 1.754 ekor sapi 3329 ekor, kerbau 59 ekor dan babi 22.781.

Sementara kelompok yang akan disasar untuk pemberian vitamin melalui  suntikan ini tersebar di 10 kecamatan, rincianya 10 kelompok di Kecamatan Penebel, 27 kelompok di Kecamatan Baturiti, 15 kelompok di Kecamatan Marga, 17 kelompok di Kecamatan Kerambitan, 9 kelompok di Kecamatan Tabanan dan 5 kelompok di Kediri, 15 kelompok di Kecamatan Selemadeg Barat, 26 kelompok di Kecamatan Selemadeg Timur, 12 kelompok di Kecamatan, 7 kelompok di Kecamatan Pupuan. *des

Komentar