nusabali

Vaksinasi PMK Sasar Desa Susut dan Desa Buahan

  • www.nusabali.com-vaksinasi-pmk-sasar-desa-susut-dan-desa-buahan

BANGLI, NusaBali
Ternak sapi di Desa Demulih Kecamatan Susut dan Desa Buahan Kecamatan Kintamani, Bangli diduga terpapar penyakit kuku dan mulut (PMK).

Ternak sapi di kedua desa itu menjadi sasaran vaksinasi PMK, Kamis (7/7). Petugas vaksinasi juga menyasar beberapa desa pendamping Desa Demulih dan Desa Buahan.

Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli, I Made Alit Parwata menjelaskan, vaksinasi merupakan tindak lanjut temuan kasus PMK di Desa Demulih dan Desa Buahan. Sebanyak empat ekor sapi di Desa Demulih diduga terpapar PMK. Dinas PKP Bangli mengusulkan vaksin 14.549 dosis. “Satu kemasan vaksin untuk 100 ekor sapi. Kami sudah terima vaksin dan simpan di kantor,” ungkap Alit Parwata, Rabu (6/7).

Sesuai jadwal, pelaksanaan vaksinasi dimulai Kamis pagi ini melibatkan 10 tim teknis. Setiap tim terdiri dari satu orang dokter hewan dan dua tenaga administrasi. “Kami juga menggandeng Polres dan Kodim Bangli,” jelas Alit Parwata. Sasaran vaksinasi yakni Desa Demulih sebanyak 884 sapi, Desa Abuan dengan 1.442 sapi, Desa Susut 1.190 sapi, dan Lingkungan Kawan 370 sapi. “Vaksinasi dilakukan di desa berkasus dan desa sekitar,” tegas Alit Parwata.

Vaksinasi PMK hanya menyasar sapi sehat. Vaksinasi untuk meningkatkan imun tubuh. Mantan Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini mengungkapkan, estimasi jumlah sapi di Desa Buahan 798 ekor, Desa Kedisan 652 ekor, Desa Pengotan 3162 ekor, Desa Landih 2516 ekor, dan Desa Tembuku 1263 ekor. *esa

Komentar