nusabali

Jelang Hari Raya Kurban, Polresta Gencar Sosialisasi PMK

  • www.nusabali.com-jelang-hari-raya-kurban-polresta-gencar-sosialisasi-pmk

DENPASAR, NusaBali
Jelang hari raya Lebaran Idul Adha Polresta Denpasar semakin gencar melakukan sosialisasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Aparat kepolisian melakukan sosialisasi kepada peternak maupun pedagang hewan kurban untuk meminimalisir penyebaran virus yang meresahkan peternak tersebut.

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas melalui para Kanit Binmas di setiap Polsek melalukan sambang ke masyarakat peternak maupun pedagang sapi dan kambing. Kanit Binmas Polsek Denpasar Selatan Iptu Anak Agung Ketut Sumiarta bersama anggotanya mensosialisasikan PMK kepada Alim Hidayat, penjual hewan kurban yang berlokasi di lahan kosong  Jalan Taman Pancing Glogor Carik, Desa Pemogan.

"Kami melakukan sambang ke pedagang hewan kurban ini sebagai langkah pencegahan penyebaran PMK. Di tempatnya pak Alim Hidayat ada 70 ekor kambing. Hasil pemeriksaan, semua kambingnya sehat dan tidak ada tanda-tanda kena PMK," ungkap Iptu AA Ketut Sumiarta, Rabu (6/7).

Selain itu tempat penjualan milik Alim Hidayat, Iptu AA Ketut Sumiarta bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Pedungan, Aiptu Anak Agung Made Surya Wibawa  juga melaksanakan sambang dan mensosialisasikan PMK kepada peternak sapi di kawasan Banjar Dukuh Pesirahan, Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan.

"Di sana kami memeriksa 24 ekor ternak sapi  yang di gembalakan oleh Ketut Wijaya. Semuanya sehat. Kegiatan sambang ini dilakukan oleh semua Bhabinkamtibmas. Kita berharap dengan pemeriksaan secar intens sembari menunggu vaksinasi massal, virus PMK ini bisa segera diatasi," tandasnya.

Kegiatan serupa digelar Polsek Kuta. Panit Binmas Ipda I Made Lodra dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Seminyak Aiptu I Made Arnata Setiawan bersama instansi terkait seperti Babinsa, Lurah, Kepala Lingkungan dan Penrepti Banjar Basangkasa, melakukan monitoring dan sosialisasi terkait PMK.

Kapolsek Kuta Kompol Orpa SM Takalapeta mengatakan sudah memerintahkan para Bhabinkamtibmas dan perwira yang ditunjuk untuk melakukan monitoring dan pendataan serta sosialisasi dengan bersinergi pihak terkait. "Mengatasi masalah ini harus bersinergi. Jangan sampai penyakit ini meluas membuat peternak kita merugi," tutur Kompol Orpa. *pol

Komentar