nusabali

Parpol Mulai Lapor ke Kesbangpol

Penuhi Syarat Sebagai Peserta Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-parpol-mulai-lapor-ke-kesbangpol

TABANAN, NusaBali
Tahapan Pemilu 2024  yang sudah dimulai, membuat partai politik (parpol) sibuk melakukan pendaftaran ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Di Kabupaten Tabanan sebanyak 20 parpol telah mendaftarkan diri ke Kesbangpol, termasuk diantaranya 5 parpol pendatang baru.  Lima partai pendatang baru tersebut Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Parta Ummat, dan Partai Gelora (Gelombang Rakyat Indonesia).

Kepala Badan Kesbangpol Tabanan Wayan Sarba mengatakan, untuk persiapan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, parpol di Tabanan sebagian besar sudah melaporkan diri ke Kesbangpol. Hal ini merupakan syarat mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024 ke KPU. “Dari seluruh parpol yang melapor, lima diantaranya parpol baru,” ujar Sarba, dihubungi NusaBali, Kamis (7/7).

Menurut Sarba, parpol yang telah melapor ke Kesbangpol memperjelas keberadaanya di Kabupaten Tabanan. Artinya, parpol yang akan tarung di Pemilu 2024, data hingga keberadaan kantornya sudah jelas. “Intinya parpol melaporkan diri, bahwa mereka ada di Tabanan,” jelasnya.

Ditambahkan Sarba, parpol yang telah mendaftar ke Kesbangpol tetap akan mengikuti proses di KPU RI sebagai calon peserta Pemilu 2024. “Apakah nanti mereka akan lolos verifikasi, itu prosesnya di KPU RI. Kita menunggu di pusat,” terang Sarba.

Menurut Sarba, Kesbangpol Tabanan dan KPU Tabanan komitmen bersinergi untuk memberikan pelayanan dan pendidikan untuk parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2024. “Kita sudah bersinergi dalam hal pengawasan, pemantau, hingga nantinya berlangsung hajatan pemilu,” tegasnya.

Sementara ketika ditanya soal anggaran yang akan digelontorkan dalam Pemilu 2024, Sarba mengatakan hal tersebut sudah dipersiapkan oleh Pemkab Tabanan sebesar Rp 40 miliar. “Sekitar Rp 40 miliar lebih, masih sedang proses pembahasan,” tandas mantan Kasat Pol PP Tabanan ini. *des

Komentar