nusabali

Bali United Sambut Baik Format Kandang-Tandang

Gunawan Sempat Frustrasi saat Jalani Pemulihan Cedera

  • www.nusabali.com-bali-united-sambut-baik-format-kandang-tandang

MANGUPURA, NusaBali
Pelatih Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra menyambut baik dan positif rencana Kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 kembali pada format kandang dan tandang, seperti musim-musim sebelumnya.

Bahkan Teco merasa senang dan optimistis mampu meraih hasil positif berkat dukungan semangat suporter, khususnya pada laga kandang.

Sebab, pada Kompetisi Liga 1 2021/2022 harus memainkan seluruh pertandingan dengan terpusat di satu kota penyelenggara akibat pandemic Covid-19. Selain itu, penonton pun dilarang datang ke stadion.

"Kami sudah terbiasa dengan sistem kandang dan tandang di liga Indonesia. Sebuah sistem yang bagus dan akan jadi bagus bagi kami mulai di rumah, suporter kami bisa memberi semangat untuk tim bisa menang di pertandingan pertama Liga 1 musim ini," ujar Teco, Kamis (7/7).

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengisyaratkan Liga 1 2022/2023 akan bergulir pada 23 Juli. Format pertandingan musim ini akan kembali ke sistem kandang dan tandang, bukan home tournament seperti musim lalu.

Hal tersebut membawa kabar bahagia bagi 18 tim kontestan Liga 1. Sebab, para klub akan kembali mendapat tambahan semangat dari para suporter setia di kandang sendiri, termasuk bagi Bali United.

Bali United akan jadi tim pertama yang memulai kiprahnya di Liga 1 musim ini di kandang sendiri. Skuat Serdadu Tridatu akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Secara statistik, Bali United memiliki catatan yang baik pada awal musim. Salah satunya adalah saat laga pembuka Liga 1 musim lalu, Serdadu Tridatu menang tipis 1-0 atas Persik pada 27 Agustus 2021.

Sementara usai satu tahun lebih absen membela Bali United, Gunawan Dwi Cahyo membagikan pengalamannya selama proses pemulihan cedera. Bek tengah ini mengaku sempat stress, pasca operasi akibat terbatasnya pilihan aktivitas yang dijalankan.

“Sebenarnya, saat masa pemulihan dan akan kembali ke gym, pikiran saya sudah fokus bisa kembali bugar. Namun, saat pasca operasi saya sempat stres. Aktivitas saya terbatas di mess, hanya di sekitaran kamar tidur dan kamar mandi saja. Saat itu juga masih perlu memakai tongkat, itu yang membuat saya stres,” kata Gunawan, di laman resmi klub, Kamis.

Meskipun demikian, eks bek Persija Jakarta ini tidak ingin terpuruk dan larut dalam rasa frustasi. Gunawan bertekad segera pulih sepenuhnya agar mampu kembali ke lapangan. Selama masa pemulihan pasca operasi, Gunawan aktif membagikan aktivitasnya di ruang fisioterapi dan tempat kebugaran melalui media sosialnya.

Komitmen dan perjuangan itu tidak mudah dilakukan tanpa adanya tujuan untuk semakin membaik. Perkembangan positif pun ditunjukkan bek kelahiran Jepara itu, dimana secara perlahan dia mulai bisa kembali bermain. Laga ujicoba antara Bali United vs Persis Solo pada 4 Juni 2022,  menjadi pertama dirinya tmpil setelah lama menepi.

Gunawan masuk pada menit 61 menggantikan Haudi Abdillah. Dia bermain cukup baik mengawal lini pertahanan Serdadu Tridatu. Selama 30 menit, Gunawan membuktikan dirinya belum habis.

Selepas laga, Gunawan menuturkan akan berusaha memulihkan kondisi agar tampil baik. Apalagi hasil fisioterapi tim, menyatakan mantan bek Timnas itu dapat kembali merasakan si kulit bundar di lapangan.

“Alhamdulillah, hasil tes bersama fisioterapi dinyatakan aman pegang bola di lapangan. Targetnya kembali ke penampilan terbaik saat mendapat kesempatan dari pelatih,” kata Gunawan. *

Komentar