nusabali

Cegah PMK, Personel Polsek Petang Keluar Masuk Kandang Sapi

  • www.nusabali.com-cegah-pmk-personel-polsek-petang-keluar-masuk-kandang-sapi

MANGUPURA, NusaBali
Dalam memerangi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) Polres Badung terus gencar melakukan sosialisasi ke peternak.

Tak hanya itu, personel juga diperintahkan masuk ke kandang sapi untuk menyemprot cairan desifektan ke kaki sapi dan kandangnya. Seperti yang terlihat di Petang, Badung pada Senin (11/7). Sejumlah personel Polsek Petang Nampak menggendong cairan yang akan disemprotkan ke kaki sapi dan kandangnya.

“Ketika ada PMK ini, membuat para peternak jadi ngedrop atau malas-malasan mengembangkan peternakan di lingkungannya,” ujar Kapolsek Petang, AKP I Nyoman Budiasa, SH, MH di dampingi Bhabinkamtibmas Desa Pelaga Aiptu I Nengah Yardana.

AKP Budiasa menjelaskan, untuk cairan yang digunakan melakukan penyemprotan pihaknya menggunakan cairan disinfektan yang disemprotkan ke bagian kaki hewan ternak. Ia menjelaskan untuk di wilayah kecamatan Petang, belum ada hewan peliharaan masyarakat yang terkena penyakit PMK. Meski demikian pihaknya melalui Bhabinkamtibmas tetap melakukan pendataan dan pencegahan dengan melakukan penyemprotan masal di kandang-kandang.

Ia mengimbau masyarakat, agar para peternak cepat melaporkan jika ada hewannya terpapar PMK. Kami juga terus sosialisasikanagar terus memberikan vitamin dan makanan hijau bergizi untuk hewan ternaknya. “Sampai saat ini hewan peliharaan masyarakat belum ada yang terindikasi PMK,” tegasnya. *rez

Komentar