nusabali

Disparda Gelar Bimtek 'Sisparnas'

  • www.nusabali.com-disparda-gelar-bimtek-sisparnas

DENPASAR,NusaBali
Dinas Pariwisata Provinsi Bali didukung  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menyelenggarakan bimbingan teknis Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (sisparnas) selama dua hari khusus untuk ASN dan surveyor yang akan terlibat dalam mengupdate data dalam Sisparnas.

Hal itu terkait dengan usaha penyediaan data dan informasi yang memadai terkait dengan kondisi dan pembangunan kepariwisataan. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjokoda  Bagus Pemayun  menyatakan hal itu di Kantor Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (12/7).

Lanjut Tjok Bagus, tujuan  bimtek  untuk memahami apa itu Sisparnas dan data apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara mengumpulkan dan mengunggahnya ke aplikasi Sisparnas tersebut.

Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional adalah dashboard/aplikasi basis data kepariwisataan yang dikelola secara digital dan terintegrasi dari tingkat kabupaten kota, provinsi hingga nasional.

Dengan lengkapnya data kepariwisataan yang terdigitalisasi dari daerah sampai Pusat diharapkan kita telah siap memasuki transformasi digital pariwisata. Bimtek yang didukung Kemenparkeraf dilaksanakan selama 2 hari, Selasa (12/7) dan Rabu (13/7).

Dalam bimtek kemarin terungkap saat ini Kementerian Pariwisata sedang menbangun sebuah platform untuk bisa memberikan layanan terkait kepariwisataan Indonesia, baik bagi masyarakat Indonesia maupun bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Tetapi untuk melengkapi content dari platform ini dibutuhkan data dan informasi dari seluruh provinsi di Indonesia salah satunya Bali. *K17

Komentar