nusabali

Ke Bali, Wisman Sempatkan ke Gili Terawangan

  • www.nusabali.com-ke-bali-wisman-sempatkan-ke-gili-terawangan

DENPASAR,NusaBali
Wisman yang berlibur ke Bali, tidak semata menikmati suasana  ‘Pulau Dewata’ .

Namun juga menghabiskan sebagian waktu mereka berkunjung tetangga Bali. Yang paling favorit adalah Gili Terawangan, salah satu   daya tarik wisata milik  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ketua Pengelola Pelabuhan Sira Angen di Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan,  I Nyoman  Turut  mengatakan dalam sehari rata- rata ada sekitar 150 wisatawan  yang menyeberang. Tujuannya, Gili Terawangan dan Nusa Penida, Klungkung.

Dari jumlah tersebut, untuk sementara  sekitar 100-an orang ke Gili Terawangan dan 50-an orang ke Nusa Penida.
“Sebagian besar wisman Eropa, seperti Inggris, Prancis dan yang lainnya,” ungkap Turut, Rabu (13/7).

Dikatakan, wisman tersebut berangkat pagi, kemudian balik pada sore hari. “Ada  4  fast boat yang melayani  penyeberangan tersebut,” lanjutnya.

Keramaian kunjungan wisatawan yang menyeberang melalui Serangan mulai  terasa sejak mereda pandemi Covid-19 sekaligus dibukanya pariwisata Bali. “Awal Juli semakin ramai,” ungkap Turut.

Wisatawan yang menyeberang dikenakan retribusi Rp 5.000 per orang. Sedang jasa  pangkal boat rata- rata Rp 125 ribu.

Dari pantauan siang kemarin,  puluhan wisman balik dari Gili Terawangan. “Berangkatnya tadi pagi, sekarang baru balik,” ujar seorang petugas dari Dinas Perhubungan Kota  Denpasar.

Selain menjadi tempat penyeberangan dengan tujuan Gili Terawangan dan Nusa Penida,  Serangan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan  domestik, terutama para pehobi mancing.  Biasanya pada hari-hari liburan atau akhir pekan yang banyak.

“Sebagian besar warga lokal,” ujar I Wayan Lana, seorang warga setempat. Namun  memancing tidak jauh- jauh. Hanya sekitar di rumpon-rumpon yang ada  perairan Serangan. “Antar jemput dengan jukung,” ucap Lana.  *K17.

Komentar