nusabali

Pasar Hewan Bebandem Rencana Dibuka Tanggal 20 Juli

  • www.nusabali.com-pasar-hewan-bebandem-rencana-dibuka-tanggal-20-juli

AMLAPURA, NusaBali
Pasar Hewan Bebandem di Banjar Desa, Desa Bebandem, Kecamatan Bebandem, Karangasem rencana dibuka, Rabu (20/7).

Pasar Hewan Bebandem ditutup selama 14 hari dari tanggal 4-18 Juli 2022 karena ada kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) di Karangasem. “Kami agendakan Pasar Hewan Bebandem buka 20 Juli, mudah-mudahan tidak ada perubahan, tidak ada perpanjangan," harap Kepala Pasar Hewan Bebandem I Ketut Parwata, Jumat (15/7).

Selama ditutup, pengelola Pasar Hewan Bebandem tanpa pemasukan. Biasanya setiap pasar dibuka dapat pemasukan sekitar Rp 1,5 juta. Selama sebulan sebanyak 5 kali pasar dibuka. Sebanyak 60 saudagar sapi, tukang pegang tali sapi, dan buruh lainnya juga tanpa pendapatan. "Banyak saudagar menelepon saya, kapan pasar dibuka, saya sampaikan rencananya tanggal 20 Juli. Mudah-mudahan tidak ada perubahan," ungkap Ketut Parwata.

Terpisah, Perbekel Desa Bebandem I Gede Partadana mengaku telah berkoordinasi dengan Kepala Pasar Hewan Bebandem rencana buka pasar tanggal 20 Juli. "Mudah-mudahan tidak ada kasus yang merebak, sehingga Pasar Hewan Bebandem bisa dibuka dan kembali beraktivitas," harap Gede Partadana. Sebelumnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengeluarkan surat penutupan tiga pasar hewan melalui surat keputusan Nomor 510/1303/Diskoperindag/DAG per 4 Juli 2022 perihal penutupan pasar hewan. Ketiga pasar itu yakni Pasar Hewan Rubaya di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Pasar Hewan Bebandem di Desa/Kecamatan Bebandem, dan Pasar Hewan Pempatan di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang. Selama penutupan, Disperindag melakukan sosialisasi tentang penyebaran PMK di Karangasem kepada pedagang dan peternak, selanjutnya melakukan evaluasi perkembangan penyebaran PMK sambil melaksnakan vaksinasi ternak sapi. Penutupan pasar hewan dilakukan setelah ada temuan 4 ekor di  Banjar Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang dan 3 ekor sapi di Lingkungan Segara Katon, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem positif PMK. Syukurnya 7 ekor sapi yang PMK telah dinyatakan sembuh, meski demikian tetap dikarantina. Terpisah, Kadis Koperasi UKM dan Perindag Karangasem I Gede Loka Santika mengatakan, pasar hewan kembali dibuka atau penutupannya diperpanjang masih dalam kajian Satgas PMK. *k16

Komentar