nusabali

Cegah PMK, Klungkung Percepat Vaksinasi Ternak

  • www.nusabali.com-cegah-pmk-klungkung-percepat-vaksinasi-ternak

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung kini mempercepat vaksinasi ternak khususnya sapi untuk mencegah penularan PMK (penyakit mulut dan kuku).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memantau pelaksanaan percepatan vaksinasi PMK di Subak Delod Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Selasa (19/7).

Hadir, Kapolres Klungkung AKBP Nengah Sudiarta dan Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida. Langkah tersebut guna mencegah PMK yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada pemilik ternak agar tidak menganggap remeh PMK ini. Menurutnya, sapi ini lebih mudah tertular, maka dari itu tolong ikuti anjuran dari pemerintah. Jika ada gejala pada sapi, segera laporkan kepada Perbekel maupun petugas. "Jadi jangan dianggap remeh penyakit PMK ini, mari bersama-sama ikuti segala anjuran dari pemerintah," harap Bupati Suwirta kepada para pemilik ternak.

Bupati Suwirta juga menyebut masyarakat sudah memaklumi dan menyadari langkah-langkah preventif yang dilakukan pemerintah. Masyarakat pun begitu terlihat sangat antusias dan semangat ikut mendampingi tim petugas untuk melakukan vaksin. "Tetap semangat dilapangan agar nantinya tugas optimalisasi vaksin PMK ini segera selesai tepat waktu," imbuh Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan pelaksanaan vaksin PMK dosis kedua ini sebanyak 3.000 vaksin. Untuk di Subak Delod Banjarangkan ada 10 tempek dengan target 600 vaksin. Sistem kerja vaksin PMK ini langsung menyasar sapi-sapi masyarakat yang berada di jalur keramaian dekat baypass, peluang untuk tertular dinilai sangat luas disini.

Maka dari itu, langkah percepatan vaksin ini dilakukan. Sementara untuk jumlah keseluruhan sapi di Kabupaten Klungkung saat ini mencapai 19.000 ekor. Selain itu, juga dilakukan vaksin di Dusun Sarimerta, Desa Negari. "Mohon dukungan dari masyarakat agar nantinya target vaksin PMK dosis kedua ini bisa selesai dalam waktu satu minggu kedepan," harap Juanida.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta menambahkan Klungkung sudah memerintahkan seleuruh Bhabinkamtibmas jajaran Polres Klungkung untuk membantu mengawasi penanganan PMK terhadap hewan ternak di wilayah desa binaanya, serta selalu bersinergi dengan para petugas kesehatan hewan dalam pendampingan melakukan kegiatan vaksinasi PMK. *wan

Komentar