nusabali

Polsek Mengwi Kawal Vaksinasi 136 Ekor Sapi

  • www.nusabali.com-polsek-mengwi-kawal-vaksinasi-136-ekor-sapi

MANGUPURA, NusaBali
Aparat Polsek Mengwi kawal vaksinasi 163 ekor sapi milik warga di Kecamatan Mengwi, Badung, Rabu (20/7).

Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung ini dikordinir oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Hewan Mengwi IB Putu Widnyana.

Ratusan ekor sapi tersebut disuntik vaksin jenis Aftopor. Vaksinasi massal hewan ternak ini untuk mengatasi penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang saat ini mewabah di Bali. Rabu kemarin, vaksinasi digelar di Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Badung.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Lukluk Aiptu Ida Bagus Putu Trianandan mengatakan pemberian vaksinasi PMK pada ternak sapi yang dipelihara oleh warga bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku. "Selama dilakukan pemantauan untuk di wilayah Kelurahan Lukluk belum ada ternak sapi yang dipelihara oleh warga terindikasi terjangkit PMK," tuturnya.

Meskipun belum ada Sapi yang terjangkit PMK, Aiptu IB Putu Triananda tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. "Saya berharap partisipasi dari masyarakat. Segera vaksin hewan ternaknya. Jika ada yang terindikasi PMK, segera dipisahkan," tandasnya.

Sementara Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana mengatakan mengatakan masalah PMK jadi atensi Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes. Seluruh jajaran diminta untuk melakukan pemantauan agar kasus PMK ini segera bisa ditekan.

"Bapak Kapolres minta untuk lakukan pengawasan yang ketat. Tak hanya masalah PMK, bapak Kapolres juga tekankan untuk lakukan pengetatan disiplin Prokes. Masyarkat yang berkunjung ke Polres dan Polsek diminta untuk diperketat soal Prokes. Saat ini kasus Covid-19 mulai naik lagi," tutur Iptu Ketut Sudana. *pol

Komentar