nusabali

3.169 Ekor Sapi di Klungkung Sudah Divaksinasi

  • www.nusabali.com-3169-ekor-sapi-di-klungkung-sudah-divaksinasi

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Satgas Penanganan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) Klungkung terus menggencarkan vaksinasi sapi.

Sampai saat ini, 3.169 ekor sapi sudah divaksinasi dari total sapi keseluruhan di Klungkung 43.289 ekor. Vaksinasi ini masih dipusatkan di Klungkung Daratan, meliputi tiga kecamatan yakni Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan. Sedangkan di Nusa Penida belum dilakukan vaksinasi mengingat berada di wilayah kepulauan dan belum ditemukan kasus PMK.

Kendati demikian Satgas tetap mengupayakan agar semua ternak sapi nantinya bisa mendapatkan vaksinasi untuk menjaga daya tahan tubuhnya dari PMK. "Sampai saat ini kasus PMK baru kita temukan 1 kasus saja di Desa Selat, Kecamatan Klungkung," ujar Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, yang juga anggota Satgas PMK Klungkung, saat dihubungi Kamis (21/7).

Juanida menambahkan, setelah 2.000 vaksinasi berhasil didistribusikan kepada masing-masing peternak, maka Klungkung kembali mendapat tambahan 3.000 vaksin PMK. "Kita masih di lapangan untuk menuntaskan vaksinasi ini," kata Juanida.

Jadwal vaksinasi saat ini, menyasar peternak di Kecamatan Banjarangkan, yakn Desa Banjarangkan dan Desa Negari, Selasa, 19 Juli 2022, Desa Takmung dan Desa Tusan, Rabu, 20 Juli. Selanjutnya petugas bergeser ke wilayah Kecamatan Dawan, di Desa Kusamba, 21- 22 (Kamis-Jumat) Juli, di Desa Pesinggahan, Sabtu, 23 Juli, di Desa Sampalan Kelod, Senin 25 Juli, dan Desa Gunaksa, Selasa 26 Juli. "Mudah - mudahan dengan vaksinasi ini tidak ada lagi tambahan kasus PMK di Klungkung," harap Juanida.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tidak henti-hentinya  mengingatkan kepada pemilik ternak agar tidak menganggap remeh PMK ini. Menurutnya sapi ini lebih mudah tertular, maka dari itu tolong ikuti anjuran dari pemerintah. Jika ada gejala pada sapi, segera laporkan kepada Perbekel maupun petugas. "Jadi, jangan dianggap remeh penyakit PMK ini, mari bersama-sama ikuti segala anjuran dari pemerintah," harap Bupati Suwirta kepada para pemilik ternak. *wan

Komentar