nusabali

Polres-Bawaslu Tabanan Segera Bentuk Satgas Gakkumdu

  • www.nusabali.com-polres-bawaslu-tabanan-segera-bentuk-satgas-gakkumdu

TABANAN, NusaBali
Polres dan Bawaslu Tabanan persiapkan serius pengawalan Pemilu 2024. Terbaru, Polres dan Bawaslu Tabanan segera membentuk Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu).

Hal itu terungkap dalam pertemuan Bawaslu Tabanan dengan Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra di Mapolres Tabanan, Kamis (21/7). Rombongan Bawaslu Tabanan dipimpin langsung Plh (pelaksana harian) Ketua Bawaslu Tabanan I Gede Putu Suarnata, didampingi anggota Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Tabanan, I Ketut Winasa.Sementara Kapolres Tabanan Ranefli didampingi Kasat Intelkam AKP I Nyoman Sumantara serta Kasat Reskrim AKP Aji Yoga Sekar.

Di hadapan Kapolres Ranefli, Suarnata menyampaikan koordinasi kali ini merupakan agenda untuk membangun kembali sinergitas antar lembaga. Terlebih lagi, lepolisian berperan penting pada pengawasan jalannya pesta demokrasi untuk menciptakan situasi Pemilu 2024 yang aman serta kondusif.

“Karena ini adalah hajat yang terbilang besar, seluruh stakeholder terlibat bersama untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," jelas Suarnata yang juga Kordiv Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabanan tersebut.

Pria asal Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan tersebut juga meminta kepada kapolres Ranefli untuk menunjuk anggota terbaiknya agar menjadi personil dalam Sentra Gakkumdu, yang akan bergabung dengan Bawaslu dan Kejaksaan. "Satgas Gakkumdu segera akan dibentuk, kami minta dari Polres Tabanan untuk menyetorkan nama anggotanya paling lambat 1 Agustus 2022," jelasnya.

Atas kondisi itu, Kapolres Ranefli mengatakan sinergitas antara Polri dan Penyelenggara Pemilu khususnya Bawaslu Tabanan sangat dibutuhkan untuk bersama-sama mengawasi tahapan Pemilu yang telah berjalan. "Tak hanya satu instansi saja, dalam pesta demokrasi 2024 nanti harus sama-sama mengawasi," tegas mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Bali ini.

Lebih Lanjut, Kapolres Ranefli berjanji untuk mengerahkan seluruh personil Polres Tabanan untuk senantiasa ikut mengamankan jalannya perhelatan pesta demokrasi di Kabupaten Tabanan. “Tentunya tidak diminta pun kami akan siapkan seluruh personil untuk ikut mengamankan jalannya Pemilu 2024 kedepan. Dan untuk anggota Sentra Gakkumdu kami telah siapkan jajaran personil terbaik Polres Tabanan, untuk bergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu Bawaslu Tabanan," ujar Ranefli.

Sementara Anggota Bawaslu Tabanan sekaligus Kordiv Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tabanan, I Ketut Narta berharap Polres Tabanan bisa ikut bersinergi melakukan sosialisasi dengan Bawaslu Kabupaten Tabanan.

“Kami harap jajaran Polres Tabanan bisa ikut memberikan sosialisasi kepada Partai Politik peserta Pemilu 2024 tentang regulasi, misalnya untuk penerbitan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye dari Polres Tabanan," ujar Narta. *des

Komentar