nusabali

Seleksi Bali United Youth di Pantai Purnama

Diikuti 970 Peserta, Althaf An Ata Jebolan Trial di Spanyol

  • www.nusabali.com-seleksi-bali-united-youth-di-pantai-purnama

GIANYAR, NusaBali
Sebanyak 970 peserta mengikuti seleksi Bali United Youth, yakni program seleksi pemain muda skuad Serdadu Tridatu bertajuk "The Next Gen Bali" di Lapangan Training Center Bali United di kawasan Pantai Purnama, Gianyar, mulai Rabu-Jumat (20-22/7).

"The Next Gen Bali resmi dibuka dan jadi program rutin tahunan Bali United untuk mencari talenta-talenta pesepakbola berbakat di Indonesia," kata Manajer Bali United Youth Richie Kurniawan.

Ada tiga kategori usia dalam seleksi yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, yakni U-14, U-16, dan U-18. Beragam ujian harus dilewati para pemain, mulai dari empat kemampuan dasar dan tri momen sepak bola. Mereka juga diuji kemampuannya dalam mengolah kulit bulat dalam permainan 11 lawan 11.

Trio pelatih Bali United Youth, yakni Pasek Wijaya, Sandhika Pratama, dan Dede turut memantau secara langsung dari pinggir lapangan. Dari total 970 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan menjalani tes di atas lapangan hijau, terpilihlah sebanyak 170 pemain dari kelompok U-16 dan 170 pemain dari U-18. Sedangkan untuk kelompok U-14 merampingkan skuad pada Kamis (21/7).

Pelatih Bali United Youth I Made Pasek Wijaya pun memberikan pesan motivasi kepada para peserta yang telah lolos maupun terhenti langkahnya.

Sementara itu, ada satu pemain yang mencuri perhatian dalam seleksi tersebut. Dia adalah Althaf An Ata Anwar yang ternyata sempat trial di Spanyol bersama para pemain Indonesia pada April lalu. Pemain 15 tahun itu menjadi salah satu peserta seleksi pada kelompok usia U-16.

Pengalaman berharga pun didapatkan selama di Spanyol.  DIa pernah berhadapan dengan pemain dari sejumlah klub besar di level internasional, yang membuat Ata mempunyai kelebihan pengalaman.

“Saya ke Spanyol itu bulan April, tepatnya tanggal satu. Saya mengikuti tim seleksi juga dari Indonesia waktu itu ada kejuaraan nasional yang diselenggarakan oleh FOSBI dan saya yang termasuk di bawa ke sana (Spanyol)," ucap Ata, Kamis (21/7).

Pengalaman yang sangat berharga di Spanyol, karena bisa bertemu tim-tim besar seperti Barcelona, Villarreal, Real Madrid, Manchester United, Liverpool, dan masih banyak lagi.  Pemain binaan akademi Batam International Soccer Academy itu mengungkapkan rasa senangnya dapat menjajal seleksi 'The Next Gen Bali' bersama 1.000 peserta lainnya.

Ata pun mengungkapkan fakta akademi tempatnya menuntut ilmu sepakbola. Batam International Soccer Academy itu milik eks pemain Bali United, Sutanto Tan. Karena hubungan baik antara Sutanto Tan dan Bali United, Ata direkomendasikan mengikuti seleksi di Bali.

Selama seleksi, Ata mengaku mempraktikkan sedikit ilmu yang diterimanya di Spanyol. Pengetahuan baru tentang cara pemanasan dan strategi sepakbola modern njadi salah satu hal yang Ata dapatkan.

Ata juga membandingkan kualitas lapangan Training Center Bali United di Pantai Purnama. Baginya, fasilitas latihan ini memiliki kualitas yang setara dengan yang ada di Spanyol. *dek

Komentar