nusabali

Wabup Kasta Imbau Atasi PMK Secara Niskala

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-imbau-atasi-pmk-secara-niskala

SEMARAPURA, NusaBali
Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta memantau jalannya vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (21/7).

Didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, Wabup Made Kasta menyusuri persawahan di Subak Kusamba guna melihat secara langsung jalannya kegiatan vaksinasi. Selain pencegahan dengan medis, Wabup Kasta yang juga penekun spiritual ini menyarankan kepada Kadis Pertanian untuk menempuh upaya niskala. Caranya, menghaturkan Banten Pejati untuk memohon kesembuhan pada hewan hewan ternak serta melenyapkan PMK. "Saya pantau langsung ke lapangan jalannya vaksinasi terhadap hewan ternak sapi, ini juga suport dukungan kepada para petugas yang telah berjibaku vaksinasi," kata Wabup Kasta.

Dengan gencarnya vaksinasi pada hewan ini diharapkan penyakit PMK ini bisa secepatnya lenyap dari Kabupaten Klungkung, dan Provinsi Bali secara keseluruhan.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida mengatakan Kabupaten Klungkung mendapatkan 5.000 dosis vaksin PMK dari Provinsi Bali. Setiap hari Dinas Pertanian menerjunkan 10 tim ke lapangan melakukan vaksinasi dengan target 500 - 600 dosis perhari. "Kita akan kembali bersurat ke Provinsi Bali untuk memohon vaksin," ujar Juanida.

Selain pencegahan melalui vaksinasi dan penyemprotan desinfektan, peternak juga didorong untuk menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. "Kami juga akan menempuh jalur niskala sesuai arahan dari Wabup Made Kasta," ujar Juanida. *wan

Komentar