nusabali

Tiga Ekor Sapi di Tabanan Terindikasi PMK

  • www.nusabali.com-tiga-ekor-sapi-di-tabanan-terindikasi-pmk

Tiga ekor sapi yang terindikasi PMK memiliki ciri-ciri mengeluarkan busa dari mulut serta terdapat lepuhan di tubuh sapi. Kini tengah dilakukan uji lab di Balai Veteriner Denpasar.

TABANAN, NusaBali

Tiga ekor sapi milik peternak di Banjar Demung, Desa/Kecamatan Kediri, Tabanan, terindikasi virus penyakit mulut dan kuku (PMK). Dinas Pertanian sudah melakukan uji sampel dengan mengambil air liur untuk menguatkan indikasi tersebut.

Tiga ekor sapi yang terindikasi PMK memiliki ciri-ciri mengeluarkan busa dari mulut serta terdapat lepuhan di tubuh sapi. Kondisi sapi ini pun masih bisa makan rumput namun lemah.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Made Subagia membenarkan adanya tiga ekor sapi milik warga Tabanan yang terindikasi PMK. “Jadi ini baru terindikasi, sampel sudah diambil dan dibawa ke Balai Veteriner Denpasar,” ungkapnya, Senin (25/7).

Kata Subagia, apabila dari uji sampel ini dinyatakan tiga ekor sapi warga positif terjangkit PMK, maka akan dilakukan pemotongan bersyarat. Peternak yang memiliki sapi akan mendapat santunan Rp 10 juta per ekor dari Kementerian Pertanian. “Kalau terbukti akan dilakukan pemotongan. Pemotongan dilakukan di RPH (rumah potong hewan),” tegas Subagia.

Dia pun meminta kepada peternak untuk kembali siaga melakukan kebersihan kandang serta meningkatkan bio security di masing-masing kandang. “Sosialisasi penanganan PMK sudah kami lakukan sampai ke desa-desa,” tandasnya.

Untuk diketahui hingga saat ini Tabanan masih zona hijau. Jika dari hasil uji lab tiga ekor sapi ini positif PMK, maka ini pertama kalinya Tabanan ada kasus sejak PMK mulai berjangkit di Bali. *des

Komentar