nusabali

Vaksinasi PMK Gianyar Hampir Tuntas

  • www.nusabali.com-vaksinasi-pmk-gianyar-hampir-tuntas

GIANYAR, NusaBali
Vaksinasi anti PMK (penyakit mulut dan kuku) menyasar ternak sapi di Gianyar, hampir tuntas.

Hingga Senin (25/7),  Tim Satgas Penanggulangan PMK Gianyar mengklaim capaian vaksinasi 6.623 ekor atau sekitar 90 persen dari target 7.319 ekor.  Ketua Tim Satgas Penanggulangan PMK Gianyar yang juga Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, menyebut capaian vaksinasi itu sudah 90 persen lebih. ‘’Tinggal sedikit lagi, tuntas," jelasnya, Selasa (26/7). Dari data yang ada, di Gianyar terdapat 51.042 ekor sapi, 87.248 ekor babi dan 592 ekor kambing. Namun yang mendapat vaksin adalah sapi yang diternakkan di sekitar Desa Medahan, sebagai wilayah yang sebelumnya terdapat 38 ekor sapi terjangkit PMK.

Jumlah ternak sapi yang divaksin berada di 29 desa Gianyar yang meliputi seluruh kecamatan di Gianyar. Jumlah tim yang diturunkan, sebanyak 8 tim, terdiri dari tim kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Peternakan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan organisasi dokter hewan di Gianyar. "Sisanya lagi 600an ekor mencari sapi-sapi yang tercecer waktu ini dan sapi yang kandangnya di pelosok," terangnya. Dijelaskan, vaksinasi sapi tidak bisa dilakukan sekaligus, karena tim mesti mendatangi sapi sampI ke pelosok, di tengah tegalan atau sawah.

Sedangkan dari APD (alat pelindung diri) dan dosis vaksin tidak ada kendala penyediaan, bahkan dosis vaksin yang tersedia 13.000 dosis. "Vaksinnya sudah lebih dari target, begitu juga APD. Semua anggota tim mendapatkan APD, sehingga terlindung," beber Wisnu Wijaya. Jumlah APD yang diterima sebanyak 1.800 set dan jumlah desinfektan sebanyak 2.000 botol."Vaksinasi terakhir dipusatkan di Payangan dan Tegalalang termasuk yang tercecer," jelasnya.*nvi

Komentar