nusabali

Ekonomi Bali Tunjukkan Pemulihan, Optimisme Konsumen Menguat

  • www.nusabali.com-ekonomi-bali-tunjukkan-pemulihan-optimisme-konsumen-menguat

DENPASAR,NusaBali
Keyakinan konsumen terhadap perekonomian Bali mengalami peningkatan. Hal tersebut mengacu Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juni 2022.

Dari survei tersebut Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Provinsi Bali di Juni 2022 yang tercatat pada area optimis sebesar 143,3, lebih tinggi dari 1 31 , 2 pada Mei 2022. Optimisme tersebut juga lebih tinggi dengan kondisi nasional yang mencatatkan IKK Nasional sebesar 128,2.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan  ekonomi Bali saat ini terus menunjukkan pemulihan yang tercermin dari meningkatnya konsumsi masyarakat pada bulan Juni 2022.

Hal  tersebut didorong  periode high season kunjungan wisatawan di bulan Juni yang menstimulasi sektor pariwisata Bali.

“Kondisi ini juga didukung pelonggaran kebijakan mobilitas masyarakat seiring semakin terkendalinya kasus COVID-19 di Bali,” ujar Trisno Nugroho, dalam siaran persnya Minggu (31/7)

Selanjutnya, optimisme perbaikan ekonomi Bali ke depan menurut Trisno Nugroho, didorong peningkatan kunjungan wisatawan seiring dengan kebijakan pelonggaran persyaratan perjalanan dan penambahan rute penerbangan.

Meningkatnya keyakinan konsumen Bali pada Juni 2022 didorong oleh membaiknya persepsi ekonomi saat ini yang tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat lni (IKE) Provinsi Bali pada Juni 2022 sebesar 129,2, meningkat dibandingkan 1 13,5 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut didorong  persepsi masyarakat akan membaiknya kondisi penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja.

Sementara iłu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, tercermin pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) di Provinsi Bali tetap terjaga pada level optimis dengan indeks sebesar 1 57,3, membaik dibandingkan pada Mei 2022 sebesar 148,8.

Peningkatan ekspektasi konsumen tersebut disebabkan semakin baiknya perkiraan penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha enam bulan yang akan datang. *K17.

Komentar