nusabali

NasDem Sesumbar Pertama Lolos Pemilu

Optimis Akan Dinyatakan MS oleh KPU Karangasem

  • www.nusabali.com-nasdem-sesumbar-pertama-lolos-pemilu

AMLAPURA, NusaBali
DPD Partai NasDem Karangasem sesumbar bakal dinyatakan memenuhi syarat (MS) dalam tahapan verifikasi administrasi parpol calon peserta Pemilu 2024 oleh KPU Karangasem.

Hal itu dipaparkan Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita, setelah mencermati aplikasi Sipol (sistem informasi partai politik) di Amlapura, Senin (22/8). Kata dia, NasDem Karangasem merupakan parpol pertama yang telah diverifikasi administrasi, dan optimis akan dinyatakan memenuhi syarat (MS). Dari 882 daftar anggota yang disetorkan ke KPU, telah terverifikasi sebanyak 738 anggota. Sebanyak 648 anggota dinyatakan MS dan sebanyak 90 anggota dinyatakan BMS (Belum Memenuhi Syarat). "Di luar dugaan, NasDem merupakan calon peserta Pemilu Legislatif 2024 yang pertama akan dinyatakan memenuhi syarat, setelah menjalani verifikasi administrasi," jelas Juita.

Kata Juita, sesuai syarat dukungan untuk parpol, di Karangasem minimal mesti memiliki dukungan 522 anggota. Ternyata, anggota NasDem yang telah dinyatakan memenuhi syarat oleh pihak KPU Karangasem sebanyak 648 anggota. "Itu artinya NasDem Karangasem secara administrasi dan struktural sudah siap mengikuti Pemilu Legislatif 2024," tambah anggota DPRD Karangasem asal Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem.

Sejak awal, kata I Made Juita, NasDem menyetorkan anggota parpol dengan jumlah maksimal. Tujuannya jika ada yang dinyatakan BMS, maka masih ada cadangan anggota parpol. "Ternyata benar, kami setorkan 882 anggota, yang telah dinyatakan MS sebanyak 648 anggota. Padahal belum semua anggota diverifikasi administrasi," lanjut Juita dengan nada percaya diri.

Sementara Perindo Karangasem, dari 838 anggota yang disetorkan ke KPU, telah terverifikasi 437 anggota. Yang telah MS sebanyak 322 anggota. Sementara belum memenuhi syarat sebanyak 115 anggota.

Ketua DPD Perindo I Ketut Mangku, mengaku belum bisa buka Sipol, karena masih berkoordinasi dengan DPW untuk perbaikan. "Masih ada waktu melakukan perbaikan, hingga Senin (29/8)," katanya.

Sementara, Partai Hanura Karangasem mencatatkan 519 anggotanya telah MS. Sedangkan yang belum dinyatakan MS sebanyak 101 anggota dari 620 anggota yang terverifikasi. Sebelumnya Hanura menyetorkan sebanyak 671 anggota. "Kami hanya membutuhkan  3 anggota lagi, agar memenuhi minimal 522 anggota," jelas Ketua DPC Hanura I Wayan Budi.

Baik Perindo maupun Hanura, merupakan parpol yang tidak lolos parlemen di Pileg 2019, sehingga keduanya mesti menjalani tiga jenjang verifikasi, yakni: verifikasi administrasi, verifikasi faktual tentang kepengurusan parpol dan sekretariat, serta verifikasi dukungan. *k16

Komentar