nusabali

9 Parpol Melenggang ke Pemilu 2024

KPU Karangasem Tuntaskan Vermin Parpol

  • www.nusabali.com-9-parpol-melenggang-ke-pemilu-2024

AMLAPURA, NusaBali
KPU Karangasem akhirnya menuntaskan proses verifikasi administrasi (vermin) terhadap 17.876 keanggotaan parpol pada Selasa (23/8) pukul 21.00 Wita.

Keanggotaan parpol yang diverifikasi berasal dari 22 parpol yang terdaftar di Karangasem. Usai verifikasi administrasi sebanyak 9 parpol otomatis melenggang ke Pemilu 2024, karena tidak akan mengikuti verifikasi faktual lagi.

Plh (pelaksana harian) Ketua KPU Karangasem Putu Deasy Natalia kepada  NusaBali menyebutkan sebanyak 9 parpol yang melenggang itu, adalah parpol lolos parliamentary threshold pada Pileg 2019. “Sebanyak 9 parpol ini telah dinyatakan memenuhi syarat (MS) dari sisi keanggotaan, otomatis lolos sebagai peserta Pemilu Legislatif 2024,” beber Deasy Natalia, di ruang kerjanya, Jalan Bhayangkara 6 Amlapura, Rabu (24/8).

Kata dia, syarat keanggotaan parpol sebagai dukungan administrasi, minimal 522 anggota yang merupakan per 1000 dari jumlah penduduk di Kabupaten Karangasem. “Selain 9 parpol yang lolos PT DPR RI, ada juga beberapa parpol baru telah memenuhi syarat minimal 522 anggota. Untuk 9 parpol yang lolos PT DPR RI mereka tidak mengikuti verifikasi faktual lagi,” kata Deasy Natalia.

Rincian, 9 parpol yang dinyatakan otomatis lolos sebagai peserta Pemilu Legislatif 2024 setelah menjalani verifikasi administrasi yakni; PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat, PAN dan PPP.

Hanya saja, Deasy Natalia yang notabene Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia ini, enggan memberikan keterangan secara rinci mengenai hasil verifikasi administrasi yang dilakukan sejak, Selasa (16/8) tersebut.

Alasannya, hasil verifikasi administrasi belum bisa dipublikasikan karena bersifat internal. Kata dia, KPU Karangasem hanya akan melaporkan ke KPU RI saja. Selanjutnya KPU RI meneruskan laporan hasil verifikasi administrasi itu ke induk parpol. Kemudian, induk parpol menurunkan hasil verifikasi administrasi ke kabupaten/kota, agar dilakukan perbaikan bagi yang masih dinyatakan BMS (belum memenuhi syarat).

Atas hasil verifikasi administrasi tersebut, Bendahara DPC PDIP  Karangasem I Made Ruspita membenarkan partainya telah dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu Legislatif 2024. Sebab, dari 1.102 anggota yang disetorkan, terverifikasi sebanyak 1.018 anggota, yang sekaligus dinyatakan MS (memenuhi syarat). Sementara sebanyak 84 anggota dinyatakan BMS. “Saya sendiri menghitung ada 30 anggota BMS, tetapi hitungan KPU tercatat sebanyak 84 anggota yang BMS,” kata Ruspita.

Sementara Ketua DPC PKS Karangasem Haji Marjuhin mengungkapkan hal senada optimis lolos Pemilu 2024. PKS sebelumnya menyetorkan 538 anggota. Setelah diverifikasi, sebanyak 528 anggota dinyatakan MS, dan 10 anggota dinyatakan BMS. “Kami telah melakukan perbaikan, makanya, hanya 10 anggota yang BMS,” kata Marjuhin.

Sebaliknya, Sekretaris DPD NasDem Karangasem I Made Juita mengatakan, dari 882 anggota yang disetorkan, hasil verifikasi sebanyak 648 anggota yang MS, dan 234 anggota BMS. “NasDem paling pertama dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu Legislatif 2024," jelas Juita. *k16

Komentar