nusabali

Bulan Agustus Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Denpasar Capai 35 Persen

  • www.nusabali.com-bulan-agustus-peningkatan-kunjungan-wisatawan-ke-denpasar-capai-35-persen

DENPASAR, NusaBali
Selama periode bulan Agustus 2022, kunjungan pariwisata di Kota Denpasar mengalami kenaikan.

Kenaikan yang terjadi mencapai 35 persen dan merupakan tertinggi dari bulan-bulan sebelum.  Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kota Denpasar MA Dezire Mulyani saat diwawancarai, Kamis (25/8). Menurut dia, bulan Agustus memang merupakan bulan ramainya pariwisata. Akan tetapi, sejak Pandemi Covid-19 pariwisata sempat terpuruk.

Namun, saat ini kunjungan pariwisata kembali bergairah karena grafik kunjungan terus meningkat. "Sekarang astungkara grafik terus naik terkait kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik itu cukup positif mencapai 35 persen," ungkapnya.

Total kunjungan wisatawan di bulan Juli 2022 sebanyak 337.770 orang dengan jumlah wisman sebanyak 28.609 orang dan wisatawan nusantara (wisnu) sebanyak 142.920 orang. Khusus kunjungan DTW untuk wisman sebanyak 23.321 orang, wisnu sebanyak 125.568 orang.

Sementara untuk wisman yang menginap sebanyak 5.288 orang sedangkan wisnu sebanyak 17.352 orang. "Dan untuk Agustus saat ini karena masih berjalan sudah menunjukan sisi positif. Sekarang sudah meningkatkan 35 persen dan ini kan belum berakhir bulan ini," jelasnya.

Dezire menambahkan, untuk saat ini pihaknya tengah antisipasi dengan adanya isu penyakit mulut dan kuku (PMK) dan cacar monyet yang tengah diantisipasi oleh pemerintah saat ini. Dia mengatakan saat ini masih tengah melakukan penyisiran apakah penyakit tersebut berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan atau tidak.

Dia menyarankan, untuk masyarakat tetap mengantisipasi adanya penyakit-penyakit tersebut agar tidak menyebarkan di masyarakat dan mempengaruhi pariwisata. "Kami harap masyarakat bisa antisipasi penyakit itu. Kususnya prokes harus tetap diterapkan," ujarnya.*mis

Komentar