nusabali

Sempat Setop saat Pandemi, Jasa Sewa Sepeda Bergeliat Kembali

  • www.nusabali.com-sempat-setop-saat-pandemi-jasa-sewa-sepeda-bergeliat-kembali

DENPASAR,NusaBali
Jasa penyewaan sepeda ontel ‘hidup’  kembali di Pantai Sanur. Hal tersebut seiring mereda pandemi Covid-19 dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bali, khususnya kawasan wisata Sanur dan sekitarnya.

Pemilik jasa sewa sepeda pun menyatakan bersyukur dan berharap kedatangan wisatawan semakin bertambah banyak. “Semoga terus ramai wisatawannya,” ujar I Ketut Buda, seorang pemilik usaha jasa sewa sepeda di Pantai Segara Ayu, Sanur, Minggu (11/9).

Dituturkan Buda, pada saat pandemi usaha jasa sewa sepedanya tutup selama 3 bulan. Selain tidak ada wisatawan, kawasan Pantai Sanur dan sekitarnya juga ditutup untuk kunjungan. Setelah pandemi mereda, barulah pantai dibuka kembali.

“Tidak ingat tiyang (saya) kapan persisnya tiyang mulai buka. Sudah sejak beberapa bulan lalu,” ungkapnya. Yang jelas, Buda merasa lega karena usaha jasa sewa sepedanya kembali bisa jalan.

Untuk jasa sewa Buda membandrol sewa Rp 15 ribu per jam. Rutenya dari Pantai Segera Ayu ke selatan sampai di Pantai Mertasari, terus balik kembali.

Pendapatan Buda dari sewa jasa sepeda tidak menentu, karena tergantung penyewaan. Makin banyak yang menyewa, tentu semakin banyak pendapatannya. Contohnya pada hari libur seperti pada hari Minggu, penyewaan setidaknya sampai 10 unit. Sedang di luar hari libur atau Minggu, rata-rata 5 unit sepeda disewa pengunjung.

“Syukur sudah mulai ramai sekarang kunjungan wisatawan,”  ucap Buda, yang merupakan salah seorang perintis jasa sewa sepeda di Pantai Segara Ayu Sanur. Dia memiliki 30 unit sepeda untuk disewakan kepada wisatawan.

Hal senada diceritakan I Wayan Esa Santika, pemilik usaha jasa sewa sepeda yang lain. “Dulu saat pandemi  sempat tutup,” ungkap dia.

Setelah pandemi mereda dan pariwisata di Sanur menggeliat, Esa Santika kembali melakoni usahanya. Pada hari libur, saat kunjungan ramai penyewaan sepeda bertambah.

 “Bisa sampai dapat 1 juta,” ungkap dia. Sedangkan pada hari biasa atau hari kerja, pendapatan dia sekitar Rp 150 ribu. Hal itu karena yang menyewa sepeda juga berkurang.

Menurut penuturan para pemilik usaha jasa sewa sepeda, wisatawan manca negara (wisman) yang banyak gemar menyewa sepeda. Jasa sewa sepeda merupakan salah satu diantara usaha jasa pariwisata yang ada di Pantai Sanur dan sekitarnya. *K17

Komentar