nusabali

100 Laga Bersama Bali United

Brwa Nouri

  • www.nusabali.com-100-laga-bersama-bali-united

DENPASAR, NusaBali
Tak terasa Brwa Nouri sudah empat musim menghabiskan kariernya untuk membela Bali United sejak tahun 2018 lalu.

Kedatangannya ke Pulau Dewata dari benua biru mampu memberikan warna baru bagi Serdadu Tridatu. Ekspektasi publik membumbung tinggi mengiringi kedatangannya dari klub Swedia nun jauh di sana, Östersund FK. Catatan impresif 23 gol dan 16 assist dalam 154 laga bersama tim tersebut menjadi alasan Bali United menginginkannya. Para suporter pun langsung menyambutnya dengan senyum penuh harapan. Wajar saja, dengan catatan mentereng di Swedia, Semeton tentu berharap lebih kepada pria berpostur 177 cm itu.

Sayang, di awal kariernya di liga Indonesia, Nouri mengalami kesulitan hebat. Perbedaan drastis kultur dan gaya permainan di negeri ini dengan Eropa membuatnya terkejut. Beruntungnya, Nouri memiliki rekan setim yang suportif sehingga ia tidak terlalu lama terpuruk. Nasihat penting dari kitman Bali United, I Wayan Suarjana atau yang akrab disapa Ruet mengubah segalanya.

"Waktu awal dia (Nouri) datang, saya sempat kasih dia nasihat untuk mengubah gaya mainnya. Saya bilang,’kamu punya kualitas, pernah main di Liga Eropa, dan main lawan Arsenal. Kalau kamu main stylish seperti di Eropa di sini (Liga 1) yang lebih banyak lari dan mengutamakan fisik, sering benturan, kamu tidak bisa dan akan kesulitan, perlu waktu lama untuk adaptasi. Kamu harus ubah gaya main kamu dan lebih kerja keras’," ungkap Ruet.

Liga 1 2019 menjadi titik kebangkitannya bersama Serdadu Tridatu. Dengan semangat baru dan optimisme, ia mampu mulai menjawab ekspektasi terhadap dirinya. Total 27 penampilan dan satu assist menjadi jawabannya. Satu gelar juara Liga 1 2019 pun dipersembahkannya untuk publik Stadion Kapten I Wayan Dipta. Satu prestasi penting sekaligus awal kisah kesuksesannya di Pulau Dewata.

Perlahan, performanya kian meroket hingga mampu menjadi sosok sentral dan tidak tergantikan untuk Bali United. Tengok saja bagaimana pentingnya kehadiran pemilik nomor punggung 6 itu di musim lalu.

Tampil tanpa celah di lini tengah selama 30 laga di  Liga 1 2021/2022, satu gol dan tiga assist dicatatkannya. Nouri menjadi metronom bagi skuad Bali United hingga mampu kembali merengkuh gelar juara Liga 1 untuk kedua kalinya beruntun. Pemain kelahiran Urmia ini telah menyatu dan menjadi roh dalam permainan Bali United dari musim ke musim.

Kini, sang metronom siap membawa Bali United mempertahankan gelar juara di BRI Liga 1 2022/2023. Musim ini, Nouri sudah tampil dalam sembilan laga beruntun.

Pertandingan pekan kesembilan Liga 1 menghadapi Dewa United (10/9) pun menjadi laga spesial baginya. Bukan hanya karena Bali United berhasil meraih kemenangan telak 6-0 atas lawannya, tetapi lebih dari itu. Laga tersebut menjadi penanda 100 penampilannya bersama Bali United di seluruh kompetisi. Sebuah catatan spesial dalam karier profesionalnya.

"Saya merasa tidak pernah merasa lelah dalam hal sepakbola. Saya tidak pernah merasa apapun kecuali cinta karena ketika pertama kali saya menyentuh bola, saya merasa kenyamanan. Mungkin sama halnya seperti sebagian orang yang senang melukis, menari atau bernyanyi," ujar Nouri.*

Komentar