nusabali

Bawaslu Maksimalkan Cegah Dini

Kawal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

  • www.nusabali.com-bawaslu-maksimalkan-cegah-dini

DENPASAR,NusaBali
Bawaslu Bali memaksimalkan upaya pencegahan kesalahan dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang dilaksanakan KPU.

Anggota Bawaslu Bali Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi I Ketut Rudia mengatakan, pihaknya akan memastikan apa yang dilakukan KPU terkait dengan PDPB sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

“Ketika ada keliru, tanggung jawab kami melaksanakan cegah dini, saran perbaikan, ini merupakan sebuah bagian dari kewajiban Bawaslu,” ujar Rudia saat menghadiri Rapat Koordinasi PDPB di Kantor KPU Bali, Jalan Tjokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar, Rabu (14/9).

Rudia memberikan apresiasi kepada KPU Bali dan kabupaten/kota dalam memberikan validitas data kependudukan. “Kami apresiasi terhadap upaya-upaya yang dilakukan KPU untuk memperkuat data kependudukan dalam proses PPDB,” ujar mantan Ketua Bawaslu Bali periode 2013-2018 ini.

Rudia berharap kepada jajaran KPU agar data yang telah disandingkan dengan data kependudukan ini bisa diberikan ke Bawaslu.

Sementara Anggota KPU RI Betty Epsillion yang mengikuti rakor secara daring mengatakan, penyandingan dan perbaikan data kependudukan ini dapat ditargetkan selesai pada 22 september mendatang.

Betty juga menekankan, adaa perlindungan data pribadi pihak yang tidak menginginkan kebocoran data sedikitpun. “Perlu perlindungan data pribadi, menjadi underline kita agar bisa menjaga data pribadi dengan baik,” ujarnya.  *nat

Komentar