nusabali

Mohon Kesuksesan G20, Giri Prasta Gelar Upacara di Pura Geger

  • www.nusabali.com-mohon-kesuksesan-g20-giri-prasta-gelar-upacara-di-pura-geger

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menggelar upacara Ngrastiti Bhakti di Pura Geger Dalem Pemutih, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, pada Anggara Kasih Dukut, Selasa (11/10).

Upacara tersebut bagian dari upaya memohon kelancaran pelaksanaan event KTT G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua pada November mendatang. Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengatakan di agama Hindu ini sudah pasti Tuhan itu satu, Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ketika orang bijak mengatakan, Beliau sebagai pencipta dikenal dengan Brahma, ketika Beliau sebagai Pemelihara dikenal sebagai Wisnu, ketika Beliau sebagai pelebur dikenal sebagai Siwa. Sama halnya dengan upacara yang dilaksanakan kali ini, yakin menghaturkan bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dengan segala manifestasinya.

“Hari ini saya sebagai Bupati Badung bersama-sama melaksanakan pujawali yaitu Ngrastiti Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ngrastiti bhakti kali ini untuk memohon event KTT G20 bisa berjalan sukses dan lancar. Secara skala sudah dilaksanakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan jajarannya sampai di tingkat bawah. Saya minta kepada semuanya untuk turut serta mendukung event ini. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan restuNya dan karuniaNya untuk event KTT-G20 ini,” kata Bupati Giri Prasta, Selasa (11/10)

Menurut Bupati Giri Prasta, apabila event ini sukses dan lancar, pihaknya yakin masyarakat di Kabupaten Badung, Bali, dan Indonesia pada umumnya akan menikmati dampak positif untuk pariwisata dan mendapatkan citra baik di mata dunia. Untuk itu, dia mengajak untuk bersama-sama upacara Ngrastiti Bhakti.

“Astungkara semesta, alam beserta isinya akan berpihak kepada kita, ini yang dimaksud titah tuwuh atau perintah alam. Saya Bupati Giri Prasta mengajak krama melaksanakan swadharma, serta harus bersatu seraya berharap dapat berjalan lancar labda karya, sida sidaning don,” harapnya.

Upacara Ngrastiti Bhakti dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ketut Putra Timbul dari Griya Timbul Mengwi. Bupati Giri Prasta hadir bersama jajaran lainnya seperti Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Dody Triyo Hadi, anggota DPRD Badung I Made Retha, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Nyoman Sujendra, General Manager ITDC The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Ketua MDA Badung AA Putu Sutarja, kepala OPD se-Kabupaten Badung, camat se-Kabupaten Badung, Bendesa Adat se-Kecamatan Kuta Selatan. *dar

Komentar