nusabali

Chelsea dan PSG Lolos, Juventus Kandas

  • www.nusabali.com-chelsea-dan-psg-lolos-juventus-kandas

LISBON, NusaBali
Memasuki matchday kelima babak penyisihan grup Liga Champions 2022/2023 pada Rabu (26/10) dinihari Wita, sembilan tim memastikan tiket 16 besar.

Tiga tim terakhir yang lolos, yakni Chelsea, Paris Saint Germain (PSG), dan Borussia Dortmund. Mereka menyusul enam tim yang sudah lolos sebelumnya, yakni juara bertahan Real Madrid, Machester City, Bayern Muenchen, Napoli, Benfica, dan Club Brugge. Sedangkan tujuh tim dipastikan gagal ke 16 besar. Juventus menjadi pionir tim besar yang gagal lolos ke babak knock-out.

Sedangkan Chelsea memastikan lolos, setelah Chelsea mencuri poin di kandang RB Salzburg, setelah menang 2-0 atas tim Austria itu. Lalu PSG pesta gol saat 7-2 saat menjamu Maccabi Haifa. Borussia Dortmund mengimbangi Manchester City 0-0.

Juventus dipastikan gagal ke 16 besar, usai kalah 3-4 dari Benfica. Bertanding di Estadio da Luz, Lisbon, Juventus mati-matian mengejar ketertinggalan. Antonio Silva membuka keunggulan Benfica pada menit ke-17. Moise Kean menyamakan skor empat menit kemudian. Lalu Benfica mencetak dua gol lagi pada babak pertama lewat aksi Joao Mario dan Rafa Silva.

Juventus tertinggal 1-3 pada jeda. Babak kedua, Juve tertinggal 1-4 lewat gol kedua Rafa Silva. Juve mengejar, namun hanya mampu membalas dua gol dari Arkadiusz Milik (77') dan Weston McKennie (79'). Skor akhir 4-3 untuk Benfica.

Juventus di posisi ketiga dengan poin tiga dan tidak lolos ke 16 Besar, meski masih berpeluang tampil di Liga Europa. Dari Grup E, selain Juventus, Maccabi Haifa juga pasti gagal. Kedua tim akan bersaing untuk berlaga di play-off Liga Europa. Sedangkan tim lainnya yang gagal lolos, adalah Rangers, Viktoria Plzen,  Dinamo Zagreb,  Celtic FC,  Kopenhagen, dan Maccabi Haifa

Meski tersingkir dari Liga Champions, Pelatih Juventus Masimilliano Allegri belum dipecat. Tersingkir dari Liga Champions di fase grup untuk pertama kalinya bagi Juventus dalam sembilan tahun.

“Kami masih di Liga Europa sekarang, kami berharap pertandingan final akan lebih berharga, tetapi sayangnya itu hanya layak mendapat tempat di Liga Europa," kata Allegri.

Pertarungan Juventus sekarang adalah dengan Maccabi Haifa untuk tempat ketiga dan lolos ke play-off Liga Europa. Juventus memiliki poin identik, jadi penentuannya selisih gol. Juve unggul minus 3 dan Maccabi Haifa minus 9.

Berita buruknya, PSG dan Benfica juga memiliki poin dan selisih gol yang sama, jadi mereka akan mencoba mencetak gol sebanyak mungkin untuk menjamin posisi teratas. Laga terakhir Juventus meladeni PSG dan Maccabi Haifa menjamu Benfica. *

Komentar