nusabali

Turun Kasta, Barca Rugi Besar

Blaugrana Dipermalukan Bayern di Camp Nou

  • www.nusabali.com-turun-kasta-barca-rugi-besar

Kegagalan ini sangat merugikan Barcelona. Apalagi mereka sangat ambisius pada musim ini untuk mengembalikan kejayaan, dengan mendatangkan pemain bintang senilai Rp 3.5 triliun.

BARCELONA, NusaBali
Periode buruk masih enggan beranjak dari Barcelona. Ya, Barca dipastikan gagal lolos ke 16 besar Liga Champions 2022/2023, bersama dua tim Spanyol lainnya, Atletico Madrid dan Sevilla.

Tim Catalan itupun harus turun kasta berlaga di Liga Europa, setelah pada kalah 0-3 saat menjamu Bayern Muenchen di Camp Nou, Kamis (27/10) dinihari Wita. Apalagi laga lainnya, Inter Milan menang 4-0 atas Viktoria Plzen di San Siro, sehingga membuat Barca terpaku di posisi ketiga Grup C.

Bagi Barcelona, kegagalan lolos ke 16 besar Liga Champions menjadi yang kedua kali. Musim lalu, Blaugrana juga kandas di fase grup. Kegagalan ini sangat merugikan Barcelona. Apalagi mereka terlihat sangat ambisius pada musim ini untuk mengembalikan kejayaan.

Para pemain barlabel bintang seperti Robert Lewandowski, Raphinha, Franck Kessie, Jules Kounde dan beberapa nama lain digaet ke Camp Nou. Rupanya, kedatangan para pemain senilai Rp 3.5 triliun itu tak langsung menyelesaikan permasalahan Barcelona.

Selain itu, Barcelona juga akan mengalami kerugian finansial. Sebab, Liga Champions menawarkan hadiah uang sangat besar. Jika lolos 16 besar, setiap tim berhak uang 9,6 juta euro atau sekitar Rp 150 miliar.

Jika sampai ke perempatfinal, maka hadiahnya 10,6 juta euro atau Rp 166 miliar. Jika ke semifinal, 12,5 juta euro (Rp 196 miliar). Jika runner-up, 15,5 juta euro (Rp 243 miliar). Lalu juara 20 juta euro (Rp 313 miliar).

Barcelona sebenarnya mengharapkan uang hadiah yang cukup besar dari Liga Champions musim ini. Mereka butuh tambahan uang untuk menyehatkan neraca keuangan, setelah menghabiskan banyak uang pada bursa transfer musim panas. Situasi yang sempat menimbulkan kontroversi.

Sebab, Blaugrana sempat mengalami kebangkrutan. Sumber uang yang didapatkan Barcelona pada musim panas lalu dipertanyakan banyak pihak. Mereka pun melakukan hal-hal luar biasa demi mendapatkan tambahan dana. Misalnya menjual hak penamaan stadion Camp Nou ke Spotify.

Ada satu hikmah di balik tergelincirnya Barcelona menuju Liga Europa musim ini. Kompetisi antarklub kasta kedua di Eropa itu akan tambah semarak. Sebab selain Barca, Juventus jadi nama besar lain dari Liga Champions yang dipastikan turun ke Liga Europa pada musim ini. Belum lagi ada Ajax dan Atletico Madrid.

Mereka akan bersaing dengan klub besar yang saat ini sedang berlaga di Liga Europa. Yakni, Manchester United (MU), Arsenal, AS Roma, Red Star Belgrade, Lazio, dan Feyenoord.

Sementara itu, Liga Champions menuntaskan laga pekan ke-5. Sesuai regulasi, tim peringkat pertama dan kedua fase grup Liga Champions lolos ke 16 besar. Sedangkan, tim di posisi ketiga akan berkiprah lewat play-off 16 besar Liga Europa.

Dengan satu laga tersisa di fase grup, Barcelona dipastikan finis ketiga Grup C. Mereka meraih empat poin dari lima laga dan tak mungkin mengejar Inter Milan (10) dan Barcelona (15). Barca juga tidak akan terkejar Viktoria Plzen di posisi ke-4, yang belum meraih poin dari lima laga.

Sebelum Barcelona, dua tim Spanyol Sevilla dan Atletico juga gugur dari Liga Champions. Klub-klub Liga Champions yang lungsur ke Liga Europa akan berjumpa runner-up fase grup Liga Europa pada babak play-off. Pemenang akan bersua tim yang otomatis lolos 16 bBesar dengan status juara Grup Liga Europa. *

Komentar