nusabali

Sempat Sepi, Aktivitas Water Sport Meningkat

  • www.nusabali.com-sempat-sepi-aktivitas-water-sport-meningkat

DENPASAR,NusaBali
Meski libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 belum berlangsung, namun atmosfir liburan mulai terasa di wisata tirta.

Salah satunya di Tanjung Benoa, kawasan wisata tirta di kawasan Nusa Dua, Kuta Selatan Badung. Dalam sehari  tidak kurang 20 sampai 30 bus wisatawan yang masuk. Belum terhitung  kendaraan kecil dan juga motor atau sekitar  1.500 orang  wisatawan. Sedang pada masa pandemi 2 tahun lalu, water sport nyaris nihil wisatawan.

“Itu menyebar, bukan  hanya di satu tempat saja ,” ujar Anak Agung Raka Bawa, pengelola Rai Water Sport di kawasan Tanjung Benoa, Rabu (14/12). Jumlah 1.500 tersebut terbilang cukup ramai setelah sebelumnya sepi saat  pandemi  Covid-19 merajam selama 2 tahun lebih.

Wisatawan yang datang  campuran, antara wisatawan domestik dan manca negara (wisman). “Setengahnya wisatawan domestik,” ungkap  Gung Raka Bawa.

Separuhnya  wisman dari beberapa  negara. Diantaranya Australia, India, Timur Tengah dan lainnya. Termasuk wisman China.

Untuk wisman China, menurut Gung Raka Bawa, adalah wisman mereka  yang  tinggal di luar China. Karena untuk wisman  asal China, yakni dari Tiongkok memang belum ada yang datang ke Bali.

Meningkatnya kunjungan wisatawan  tersebut, menurut Gung Raka Bawa merujuk pola sebelum pandemi Covid-19. Dimana ketika itu setiap akhir tahun atau Nataru, merupakan salah satu puncak kunjungan wisatawan ke Bali. Namun setelah pandemi, selama 2 tahun kunjungan wisatawan sepi. “Memang  demikian biasanya   akhir tahun ramai. Karena sudah jelang dan memasuki liburan,” ungkapnya.

Menurut Gung Raka Bawa, peningkatan keramaian akan terus sampai dengan pertengahan Januari tahun depan. “Nah setelah itu, kita belum tahu. Tetapi mudah-mudahan tetap ramai,” harapnya.

Sebelumnya I Made Wetar, pengelola Hotdog Water Sport juga menyatakan hal senada. “Ya, wisatawan yang bermain water sport sudah ada,” ujar.

Dia bersyukur, dengan mulai ada suasana peningkatan kunjungan wisatawan, khususnya yang menikmati water sport. “Mudah-mudahan semakin ramai ke depan,”  ujarnya.

Untuk diketahui ada beberapa jenis permainan water sport yang disiapkan pengelola. Diantaranya banana boat, jet ski, diving, sea walker dan lainnya.  *k17

Komentar