nusabali

Jumlah Wisdom Meningkat, Pariwisata Bali Terdongkrak

  • www.nusabali.com-jumlah-wisdom-meningkat-pariwisata-bali-terdongkrak

DENPASAR, NusaBali
Selain wisatawan mancanegara, geliat pariwisata Bali sangat ditunjang kehadiran wisatawan domestik atau dalam  negeri.

Indikasinya jumlah penumpang domestik yang melambung pada Desember akhir tahun  sehingga pariwisata Bali terdongkrak.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Association of the  Indonesia Tour and Travel Agencies (DPD ASITA) Bali I Putu Winastra mengatakan, Rabu (28/12).

Menurut Winastra, sampai dengan 27 Desember jumlah penumpang domestik  yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, tercatat sebanyak 392.322. Atau kalau dirata- rata 14.530 per hari.

“Jumlah ini meningkat dari waktu sebelumnya yang berkisar antara 11 ribu – 12 ribu,” per hari.

Dikatakan, tentu tidak bisa dikatakan kalau semua penumpang tersebut  datang ke Bali dengan tujuan berwisata. Karena kemungkinan ada juga dengan tujuan lain, seperti pulang kampung. Namun  buat komponen pariwisata dalam hal ini ASITA, adalah  fakta adanya peningkatan.

Dan peningkatan kedatangan penumpang domestik, dikatakan Winastra berdampak terhadap geliat dan peningkatan aktivitas pariwisata Bali.

“Astungkara, kita bersyukur dengan peningkatan pariwisata Bali pada Desember ini,”  ujarnya. Dia perkirakan keramaian pariwisata Bali akan berlanjut sampai dengan 31 Desember.

ASITA berharap, negara Tiongkok  akan membuka bordernya untuk penerbangan internasional, terutama dengan tujuan ke Bali.

Hal tersebut menyusul penerbangan internasional dari maskapai dari negara lainnya yang maskapainya telah melakukan penerbangan ke Bali.

“Semoga nanti pada 2023 nanti, China akan buka,” ujar  praktisi pariwisata asal Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Bangli ini.

Data dari Dinas Pariwisata Bali menunjukkan penumpang domestik masuk melalui 3 pintu masuk, yakni dari Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai.

Dari  tanggal 1 sampai  dengan tanggal  25 Desember jumlah penumpang yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai 358.473 atau rata-rata 14.339  per hari. Sedang melalui Pelabuhan Gilimanuk 312.924 atau rata- rata 12.517  per hari.

Sementara dari Pelabuhan Padangbai 17.634 atau rata-rata 705 penumpang per hari. Sebagai catatan, kedatangan penumpang melalui Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai, tercatat sampai 19 Desember 2022. *K17

Komentar