nusabali

Genjot Turis Tiongkok, GIPI Bali Tawarkan Lima Jurus

  • www.nusabali.com-genjot-turis-tiongkok-gipi-bali-tawarkan-lima-jurus

DENPASAR,NusaBali
Bali Tourism Board/Ketua GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia)  menyampaikan 5 jurus dalam usaha meningkatkan kunjungan wisman pada 2023 ini.

Bagi GIPI, upaya meningkatkan kunjungan wisman China menjadi tantangan karena  pandemi sedang berlangsung.

“Namun ada beberapa hal kita lakukan bersama  Divisi Mandarin,” ujar Ketua GIPI Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana, Minggu(22/1).

Langkah-langkah tersebut, kata Gus Agung, sapaan Ketua GIPI asal Sanur, Denpasar ini, antara lain. Pertama promosikan Bal sebagai destinasi yang aman dan bersih.  Alasannya, karena pandemi masih berlangsung, keamanan dan kebersihan akan menjadi perhatian utama bagi para pelancong.

“Menekankan upaya Bali untuk menjaga pengunjung tetap aman dan sehat dapat membantu menarik wisatawan Tiongkok,” jelasnya.

Kemudian  yang kedua sesuaikan kampanye pemasaran dengan wisatawan Tiongkok. Untuk itu, kata Gus Agung dapat mencakup penggunaan  platform media sosial yang populer di Tiongkok, seperti WeChat dan Weibo. ”Dan memproduksi pemasaran dalam bahasa Mandarin.”

Ketiga bermitra dengan agen perjalanan dan operator tur di Tiongkok. Menurut Gus Agung, perusahan- perusahan mitra tersebut dapat membantu mempromosikan Bali kepada wisatawan Tiongkok. Dan memudahkan calon wisman Tiongkok merencanakan dan memesan perjalanan ke Bali.

Selanjutnya, yang keempat,  penawaran dan insentif khusus. Menawarkan diskon atau penawaran khusus lainnya kepada wisatawan Tiongkok. Hal ini  menurut Gus Agung dapat membantu Bali lebih menarik dan terjangkau.

Kelima mendorong pertukaran budaya. Mensupport wisatawan Tiongkok untuk lebih mengenal budaya Bali. Sebaliknya mendorong orang Bali untuk lebih banyak belajar lebih jauh tentang budaya Tiongkok. “Sekaligus dapat membantu menciptakan hubungan lebih dalam antar  kedua negara,” tandas Gus Agung. *K17

Komentar