nusabali

Telantar, 14 Bobotoh Dipulangkan ke Jawa

  • www.nusabali.com-telantar-14-bobotoh-dipulangkan-ke-jawa

Sebanyak 14 Bobotoh (penggemar Persib Bandung) ditemukan telantar di SPBU Desa Yehembang Kangin, Desa Mendoyo, Kecamatan Jembrana, Selasa (30/5).

NEGARA, NusaBali

Belasan bobotoh belia ini rencananya menonton pertandingan Persib Bandung vs Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Namun niat tersebut tak kesampaian karena mereka dipulangkan ke tempat asalnya setelah ditemukan telantar di SPBU Desa Yehembang Kangin.  

Ke-14 Bobotoh belia itu mengaku berasal dari Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat. Informasinya, mereka diamankan anggota Polsek Mendoyo saat tengah berkumpul di SPBU Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, sekitar pukul 09.00 Wita. Ketika itu warga mengabarkan keberadaan belasan remaja itu ke polisi lantaran resah. Selain tidak dikenal warga sekitar, kawanan remaja yang diturunkan mobil pick up ini beberapakali mencegat kendaraan yang tengah beli BBM di SPBU itu. Mereka mau menumpang ke Denpasar.

Dari hasil interogasi petugas, mereka mengaku hendak menyaksikan laga Persib vs Bali United di Stadion Kapten Wayan Dipta, Gianyar. Mereka berangkat bersama-sama dari Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat (26/5) malam. Mereka berangkat numpang truk secara estafet sehingga sampai ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Tinur, Minggu (28/5) dinihari. Sesampai di Pelabuhan Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, mereka menumpang mobil pick up, sebelum diturunkan di SPBU Desa Yehembang Kangin.

Mereka tidak ada membawa identitas diri maupun perbekelan memadai. Belasan remaja ini mengaku mendapat izin orangtua masing-masing ini. Setelah dimintai keterangan, mereka diserahkan ke Sat Pol PP Kecamatam Mendoyo, dan dibawa ke Sat Pol PP Kabupaten Jembrana. Setelah dikoordinasikan dengan Dinas Sosial Jembrana, iputuskan memulangkan remaja ini ke Jawa. Mereka diantar menyeberang ke Pelabuhan Ketapang.

Kasat Pol PP Jembrana, I Gusti Ngurah Ria Budhi membenarkan telah memulangkan 14 bobotoh belia. Menurutnya, supporter Persib berusia belia itu membawa pakaian seadanya, tanpa identitas diri maupun perbekelan memadai.”Mereka ngakunya suporter Persib, dan mau menyaksikan pertandingan di Gianyar. Mereka kami pulangkan,” ujarnya.

Ke- 14 remaja itu 11 di antaranya dari Cirebon dan 3 dari Indramayu. Mereka yang dari Indramayu yakni berinisial FR, 18, BI, 17, dan SA, 15. Sementara 11 lainnya dari Cirebon yakni MAlf, 14, MI, 14, SM, 15, Kb, 13, MKA, 15, Ak, 15, RM, 13, MAkl, 14, MF, 14, MM, 16, dan MAls, “Mereka mengaku masih pelajar. Selain diantar sampai ke Ketapang, Dinsos beri bekal Rp 50 ribu per orang dan diberikan makan,” jelas Rai Budhi. *ode

Komentar